Pemilu Tidak Sehat Sebabkan Caleg Baru Frustasi?

Banyak caleg baru potensial di Pemilu 2019

Jakarta, IDN Times - Anggota Komisi II DPR RI Andi Mariatang mengatakan Pemilu 2019 banyak diisi calon-calon legislatif (caleg) baru. Sehingga sangat mungkin jika caleg potensial pun ikut bertarung dalam perebutan suara tersebut.

“Pemilu kali ini banyak sekali pendatang (caleg) baru yang potensial, yang memang baru pertama kali mereka merasakan pertarungan,” ujar dia dalam diskusi di Media Center Bawaslu, Jakarta, Senin (8/10).

Jangan sampai sisi negatif dari proses pemilu seperti politik uang yang kerap terjadi, menyurutkan niat generasi pendatang ini untuk bersama-sama maju dalam Pemilu 2019.

1. Banyak caleg pendatang yang potensial di Pemilu 2019

Pemilu Tidak Sehat Sebabkan Caleg Baru Frustasi?ANTARA FOTO/Reno Esnir

Andi mengatakan Pemilu 2019 ada banyak caleg baru potensial yang pertama kali mencalonkan diri. Proses pemilu yang tak jujur dikhawatirkan membuat mereka frustasi. Termasuk, adanya praktik politik uang yang bisa terjadi dalam pemilu.

“Jangan sampai ada kondisi yang tidak berubah (dalam proses pemilu), sehingga para caleg pendatang ini merasa frustasi, karena adanya praktik pemilu yang tidak sehat,” ujar dia.

Baca Juga: Caleg Jadi Korban Gempa Palu, Parpol Diperbolehkan Mengganti

2. Pertarungan bukan hanya antar partai tapi juga di internal

Pemilu Tidak Sehat Sebabkan Caleg Baru Frustasi?ANTARA FOTO/ Reno Esnir

Andi menyebutkan persaingan caleg bukan hanya terjadi antarpartai politik, namun juga dalam internal partai itu sendiri.

“Caleg pendatang ini baru pertama kali merasakan pertarungan. Kompetisi yang terjadi bukan hanya antarpartai, tapi juga di internel calegnya,” kata dia.

3. Caleg pendatang akan melakukan kampanye hingga ke level bawah

Pemilu Tidak Sehat Sebabkan Caleg Baru Frustasi?ANTARA FOTO/ Reno Esnir

Masa kampanye yang saat ini sudah mulai berjalan, kata Andi, juga baru dimanfaatkan caleg baru untuk memperkenalkan diri mereka ke masyarakat. Sehingga semakin banyak publik yang memahami visi misi mereka.

“Pertarungan yang sebenarnya adalah ketika roadshow berhari-hari, masuk ke lorong-loorng, hingga lupa tanggal berapa (karena kesibukan kampanye),” ujar dia.

Semoga caleg-caleg baru ini memberikan warna baru untuk negeri ini, ya guys.

Baca Juga: Sekjen KIPP: Harga Kursi Caleg Bisa Capai Rp5 Miliar

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya