Mandiri Umumkan Deretan Pemenang Wirausaha Muda Mandiri (WMM) 2023

Pemenang berhasil bersaing dengan 8.290 peserta

Jakarta, IDN Times -- Bank Mandiri kembali menggelar kompetisi wirausaha terbesar di Indonesia, Wirausaha Muda Mandiri (WMM) 2023, yang berhasil mencetak kampiun baru dari berbagai bidang usaha. WMM 2023 merupakan program unggulan Bank Mandiri yang telah berlangsung sejak 2007 dan menjadi wujud nyata dari komitmen Bank Mandiri dalam mendukung pengembangan wirausaha muda Indonesia. 

Corporate Secretary Bank Mandiri Teuku Ali Usman mengatakan, WMM merupakan program andalan dari Bank Mandiri yang digelar sejak 2007 dan merupakan wujud konsistensi Bank Mandiri dalam mendukung pengusaha muda Indonesia. Konsistensi tersebut tidak hanya berhenti pada tahapan kompetisi, tapi berlanjut pada tahap pendampingan, pengembangan usaha, dan promosi nasional dan lokal yang didukung oleh Bank Mandiri. 

“WMM tidak hanya menjadi ajang perlombaan saja, tetapi sudah menjadi sebuah komunitas pengusaha muda yang solid dan terus meluas dari tahun ke tahun. Ini yang menjadi semangat bagi kami untuk terus konsisten mengembangkan wirausaha muda Indonesia,” ujar Ali pada Puncak WMM Award 2023 di JW Marriot, Surabaya, Jumat (19/1/2024).

1. WMM 2023 berhasil menjaring 8.290 pendaftar dari seluruh Indonesia, dengan beragam jenis dan kategori usaha

Mandiri Umumkan Deretan Pemenang Wirausaha Muda Mandiri (WMM) 2023Bank Mandiri kembali menggelar kompetisi wirausaha terbesar di Indonesia, Wirausaha Muda Mandiri (WMM) 2023, yang berhasil mencetak kampiun baru dari berbagai bidang usaha. (Dok. Bank Mandiri)

Pada tahun ini, WMM berhasil menjaring 8.290 pendaftar dari seluruh Indonesia, dengan beragam jenis dan kategori usaha. Dari jumlah tersebut, terpilih 24 peserta yang lolos ke babak final, yang kemudian diuji secara langsung oleh para dewan juri yang terdiri dari Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi, Founder Cultivar Coffeehouse Wulan Guritno, Founder USS Network Sayed Muhammad dan CMO Fore Coffee Matthew Adrian.

Dari 24 peserta yang berhasil lolos ke babak final, Arka Irfani terpilih membawa gelar Best of Best WMM 2023 dengan nama bisnis Bell Living Lab dengan berhasil membawa pulang hadiah sebesar Rp500 juta. 

Arka mengembangkan bisnis pemanfaatan limbah kopi untuk disulap menjadi produk fashion yang kekinian. Sehingga bahan tersebut menjadi produk yang berkelanjutan dan dapat digunakan banyak orang.

"Saya merasa WMM sangat bermanfaat karena dapat bertemu dengan orang-orang yang inspiratif dan bisa saling kolaboratif. Saya tidak menyangka bisa mendapatkan pendanaan untuk mengembangkan bisnis sehingga produk kami semakin luas dimanfaatkan orang. Semoga WMM dapat terus menginspirasi generasi muda," kata Arka.

Baca Juga: Bank Mandiri Kembali Gelar Wirausaha Muda Mandiri 2023

2. Berikut daftar lengkap para pemenang WMM 2023 Business Existing:

Mandiri Umumkan Deretan Pemenang Wirausaha Muda Mandiri (WMM) 2023Bank Mandiri kembali menggelar kompetisi bisnis anak muda terbesar di Indonesia, Wirausaha Muda Mandiri (WMM) 2023. (dok. Bank Mandiri)

Selain Arka Irfani, terdapat juga pemenang Best of the Best dari masing-masing kategori Business Existing, yaitu Kategori Boga, Sosial & Lingkungan, Teknologi, dan Kreatif. Berikut adalah daftar lengkap para pemenang WMM 2023 Business Existing:

Kategori Boga:

Juara 1: Muhammad Bayu Hermawan dengan bisnis Tambiyaku, yang merupakan perusahaan makanan sehat berbahan dasar sorgum yang terjangkau.

Juara 2: Redha Taufik Ardias dengan bisnis Sila Artisan Tea, yang merupakan produsen teh yang hadir sejak tahun 2018, dalam misi mengangkat citra produk agri Indonesia untuk kesejahteraan insan tani, “consumer wellness”, dan kelestarian alam Nusantara.

Juara 3: Wiko Puji Susanto dengan bisnis Fishsnack, yang merupakan snack bergizi dari ikan yang hadir untuk memudahkan makan ikan menjadi lebih praktis, diproduksi dari hulu sampai hilir dengan memberdayakan petani ikan.

Kategori Sosial & Lingkungan:

Juara 1: Mohammad Rofiul Ulum dengan bisnis Bintang Songo Indonesia, yang merupakan usaha yang mengutamakan Pemberdayaan Masyarakat, khususnya Ibu Rumah Tangga di Bidang jasa pengolahan limbah Kayu lapis menjadi Bahan Baku Pembuat Triplek atau Plywood yang berada di Lumajang

Juara 2: Yonatan Soedarto Prasetia dengan bisnis Truly Natural Organic, yang merupakan produk bumbu alami, cocok untuk vegan, non-MSG, non-GMO, tidak mengandung soya, tidak menggunakan bahan pewarna dan seluruh bahan memberdayakan hasil dari para petani.

Juara 3: Arif Rahman Faiza Asri dengan bisnis Nom Nom Herbs & Spices, yang merupakan perusahaan rintisan yang mengembangkan metode, teknologi, dan ekosistem pertanian berkelanjutan dari hulu ke hilir dengan dukungan pembinaan secara langsung kepada para petani.

Kategori Teknologi:

Juara 1: Sandy Wijaya dengan bisnis Ciroes, yang merupakan Circular economy marketplace yang menghubungkan penjual dan pembeli sampah daur ulang untuk bertransaksi dengan mudah, cepat, dan menguntungkan melalui satu platform

Juara 2: Ratih Rachmatika dengan bisnis SIAB Indonesia, yang merupakan sistem yang mengatasi permasalahan air bersih dari hulu ke hilir mulai dari penemuan sumber mata air, filtrasi air bersih secara otomatis sesuai standar Kemenkes, pendistribusian air yang dilakukan secara realtime dan online dengan teknologi internet of things (IoT) hanya dengan satu alat (one stop solution).

Juara 3: Benarivo Triadi Putra dengan bisnis Atourin, yang merupakan penyedia katalog inventory desa wisata se-Indonesia yang terdiri dari paket wisata, lokal experience, homestay desa, dan souvenir atau oleh-oleh khas desa wisata.


Kategori Kreatif:

Juara 1: Arka Irfani dengan bisnis Bell Living Lab, yang merupakan bisnis dalam pemanfaatan limbah kopi untuk disulap menjadi produk fashion yang kekinian. Menjadikan bahan tersebut, bahan yang berkelanjutan dan dapat digunakan banyak orang

Juara 2: Evan Nico Kristanto dengan bisnis Locarpet Craft, yang merupakan Produk seni kreatif karpet berbasis di Magelang yang menonjolkan esensi aksesori yang menunjang suasana dalam ruangan melalui seni dan desain untuk interior.

Juara 3: Rafida Nur Aini dengan bisnis Medividi, yang merupakan perhiasan berbahan dasar kuningan dilapisi emas 18 karat yang juga menerima custom order untuk wedding, engagement, dan special occasion lainnya dengan material perak, emas, dan palladium serta berbagai macam batu.

3. WMM bagian dari program Tanggung Jawab Sosial Lingkungandan upaya Bank Mandiri untuk mencetak generasi muda yang tangguh

Mandiri Umumkan Deretan Pemenang Wirausaha Muda Mandiri (WMM) 2023Bank Mandiri kembali menggelar ajang kompetisi Wirausaha Muda Mandiri (WMM) 2023. Kompetisi ini merupakan program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) Bank Mandiri yang bertujuan untuk menciptakan wirausaha muda yang mandiri, kreatif, dan inovatif. (Dok. Bank Mandiri)

Di samping pemenang Business Existing terdapat juga Pemenang Business Plan Muhammad Al Faaiz dengan bisnis Yumi “live young & healthy” merupakan Fruit Soyghurt Drink yang difermentasi dengan biji kedelai, buah-buahan serta bakteri baik yang tinggi akan protein dan probiotik.

Malam penganugerahan WMM 2023 ini juga dimeriahkan oleh hiburan dari Salma. Acara ini menjadi bukti dari kesuksesan dan keberhasilan WMM dalam menciptakan wirausaha muda yang tangguh, kreatif, dan inovatif.

“Kami sangat bangga dan senang dengan hasil yang dicapai oleh para pemenang WMM 2023. Mereka adalah generasi muda yang memiliki semangat dan visi yang tinggi dalam berbisnis. Kami berharap dengan adanya WMM, mereka dapat terus mengembangkan usaha mereka dan menjadi inspirasi bagi pengusaha muda lainnya,” ujar Ali.

Bank Mandiri juga berharap, pihaknya dapat terus menggelar WMM sebagai bagian dari program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) dan upaya Bank Mandiri untuk mencetak generasi muda yang tangguh. (WEB)

Baca Juga: Dukung Penuh Perkembangan Wirausaha, Mandiri Gelar Kompetisi WMM 2023

Topik:

  • Ahmad Faisal

Berita Terkini Lainnya