Bunex 2023, Kementan Harmonisasi Perkebunan Demi Perkuat Hilirisasi

Kementan mengapresiasi partisipasi pelaku usaha perkebunan

Jakarta, IDN Times -- Direktur Jenderal Perkebunan Andi Nur Alam Syah mengapresiasi atas partisipasi seluruh pelaku usaha perkebunan pada penyelenggaraan kegiatan Perkebunan Indonesia Expo (Bunex) 2023.

"Perkebunan Indonesia sebagai pilar untuk menuju masyarakat yang lebih baik. Pekerjaan besar perkebunan tidak berhenti sampai di sini, kita akan menghadapi tantangan yang kompleks. Untuk itu, harus dibuat standar yang baik untuk menghadapi krisis dan tantangan ke depan," ujar Andi Nur.

1. Sejumlah standar yang harus segera diwujudkan

Bunex 2023, Kementan Harmonisasi Perkebunan Demi Perkuat HilirisasiDirektur Jenderal Perkebunan, Andi Nur Alam Syah mengapresiasi atas partisipasi seluruh pelaku usaha perkebunan pada penyelenggaraan kegiatan Perkebunan Indonesia Expo (Bunex) 2023. (Dok. Ditjen Perkebunan Kementan)

Andi Nur menjelaskan, hal yang harus segera diwujudkan, di antaranya praktik manajemen risiko, kemampuan kepemimpinan yang terukur, kemampuan teknologi informasi atau digitalisasi, kemampuan manajemen untuk mengonsolidasikan semua kalangan atau semua kepentingan.

Selain itu, kemampuan merumuskan strategi, tidak berhenti berinovasi untuk terus mendorong pengembangan produk baru, kemampuan ketahanan organisasi, harmonisasi perbedaan, dan resiliensi keuangan organisasi.

Baca Juga: Kementan Gelar Bunex 2023, Kulik Tuntas Seputar Kelapa Sawit

2. Bunex diharapkan dapat memajukan perkebunan Indonesia

Bunex 2023, Kementan Harmonisasi Perkebunan Demi Perkuat HilirisasiBunex merupakan salah satu wadah untuk menciptakan kemajuan atau prestasi perkebunan. (Dok. Ditjen Perkebunan Kementan)

Andi Nur mengatakan, gagasan dan inovasi mengantarkan kita pada bingkai perkebunan yang semakin maju, mandiri, dan modern. Kita, dia melanjutkan, harus bisa menangkap peluang.

"Melalui Bunex, kita optimistis dapat menguatkan harapan dan semangat untuk mewujudkan perkebunan jaya, fondasi kunci mengantar perkebunan Indonesia ke arah yang lebih baik. Ke depan, kita akan menghadapi banyak tantangan global. Mari bersama memajukan perkebunan Indonesia," ujarnya.

3. Harmonisasi pembangunan perkebunan demi membangun perkebunan yang mandiri maju dan modern

Bunex 2023, Kementan Harmonisasi Perkebunan Demi Perkuat HilirisasiSuasana kegiatan Perkebunan Indonesia Expo (Bunex) 2023. (Dok. Ditjen Perkebunan Kementan)

Lebih lanjut, Andi Nur mengatakan, Bunex ini merupakan salah satu wadah untuk menciptakan kemajuan atau prestasi perkebunan.

"Mari kita bersama wujudkan kerja sama yang saling menguntungkan. Harmonisasi pembangunan perkebunan telah berjalan dan terus bergerak maju untuk membangun perkebunan yang mandiri maju dan modern," ujarnya. (WEB)

Baca Juga: Kementan Terus Optimalkan Subsektor Perkebunan Beserta Turunannya

Topik:

  • Ahmad Faisal

Berita Terkini Lainnya