Cak Imin dan Rombongan PKB Mulai Ziarah ke Makam Wali Songo Hari Ini

Cak Imin dan Anies bakal bertemu di Sunan Ampel

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum PKB sekaligus bakal cawapres Anies Baswedan, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin memulai napak tilas ke makam Wali Songo hari ini, Jumat (8/9/2023).

Cak Imin bersama rombongan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mulai bergerak dari DPP PKB, Jakarta Pusat pukul 08.00 WIB menuju makam Sunan Gunung Jati, Cirebon.

“Dengan mengucap Bismillahirohmanirohim Tour De Walisongo dan saya instruksikan pengurus dan pejuang kader PKB kunjungi wali-wali di mana pun berada wali itu, minta restu dan minta doa agar perjuangan PKB lancar sukses bermanfaat mengubah Indonesia lebih baik, Aamin,” kata Cak Imin melepas rombongan Tour De Walisongo di DPP PKB.

1. Dewan Suro hingga anggota DPR Fraksi PKB antar Cak Imin

Cak Imin dan Rombongan PKB Mulai Ziarah ke Makam Wali Songo Hari IniKetum PKB, Muhaimin Iskandar usai jalani pemeriksaan di KPK pada Kamis (7/9/2023). (IDN Times/Aryodamar)

Adapun mereka yang mengantar Cak Imin berziarah adalah Dewan Syuro, anggota DPR RI Fraksi PKB, para kiai, ulama dan pengurus DPP PKB.

“Di dalam keyakinan kita dan Al-Qur'an sudah menyebut bahwa para auliya para pejuang sebetulnya kalau sudah meninggal, tidak meninggal, sesungguhnya mereka terus hidup di dalam hati sanubari Allah maupun manusia,” ujar Cak Imin.

Baca Juga: Tour De Walisongo PKB: Anies dan Cak Imin Bakal Ziarah ke Sunan Ampel

2. Anies Baswedan akan bergabung berziarah ke makam Sunan Ampel

Cak Imin dan Rombongan PKB Mulai Ziarah ke Makam Wali Songo Hari IniPasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar ketika deklarasi di Surabaya pada 2 September 2023. (www.instagram.com/@aniesbaswedan)

Dalam rangkaian kegiatan tersebut, Anies dan Cak Imin dijadwalkan bakal bertemu dan berziarah bersama ke makam Sunan Ampel, Surabaya, Jawa Timur pada 9 September 2023.

“Pak Anies akan bergabung di satu titik, nanti saya belum tahu pasti mas Anies kumpul. Tapi InsyaAllah ada 1 titik 2 titik yang pak Anies bergabung,” ujar Cak Imin.

3. Cak Imin sebut Gus Dur wali Allah

Cak Imin dan Rombongan PKB Mulai Ziarah ke Makam Wali Songo Hari IniKetum PKB, Muhaimin Iskandar dalam peringatan Hari Lahir (Harlah) ke-25 PKB di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah pada Minggu (23/7/2023) (dok. PKB)

Cak Imin menjelaskan, ziarah ke sembilan wali ini untuk berdoa dan meminta restu kepada mereka yang telah mengabdi ke bangsa agar langkahnya di Pilpres 2024 dimudahkan.

Berkat wali sembilan itu, kata Cak Imin, bangsa Indonesia memiliki karakter tidak terpecah-belah. Ia pun mengenang perjuangan para wali yang tak mudah membawa ajaran Islam dan berbenturan dengan budaya.

“Dan akhirnya Islam berkembang tanpa peperangan tanpa benturan. Memang ada tahapan-tahapn asimilasi yang kuat. Inilah yang menjadi spirit kita Tour de Wali Songo. Spirit untuk menyatukan Indonesia,” ujarnya.

“Dan wali sembilan ini ditambah satu wali lagi, Gus Dur InsyaAllah menjadi wali yang paling kontekstual karena mengabdikan dirinya untuk bangsa dan rakyatnya, Aamin,” ujar dia.

Baca Juga: Dituduh Khianati Gus Dur, Cak Imin:  Justru Saya yang Dikudeta!

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya