Comscore Tracker

Virus Corona Meluas ke 18 Negara, Filipina dan India Sudah Terjangkit

Selain India dan Filipina, Finlandia juga sudah terjangkit

Jakarta, IDN Times - Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization) menyebutkan, virus corona telah menyebar ke 18 negara. Sementara jumlah kasus positif virus corona sudah mencapai hampir 10.000 orang.

Jumlah penyebaran ini, kata WHO, telah meningkat per tanggal 30 Januari 2020, dibanding hari sebelumnya, yang masih 15 negara. Dengan demikian, hanya dalam beberapa hari, virus corona telah menyebar ke 3 negara. 

Baca Juga: Korban Meninggal Akibat Virus Corona Naik Drastis Jadi 213 Orang

1. Finlandia, India, dan Filipina terdampak kasus virus corona

Virus Corona Meluas ke 18 Negara, Filipina dan India Sudah Terjangkit(ANTARA FOTO/REUTERS/Carlos Garcia Rawlins)

Menurut data WHO, tiga negara yang baru terdampak virus corona adalah Finlandia, India, dan Filipina. Seperti dikutip dari kantor berita Antara, Jumat (31/1), seluruh kasus dari ketiga negara tersebut memiliki riwayat perjalanan ke Wuhan, Tiongkok.

Lalu, Finlandia merupakan negara di Eropa ketiga yang melaporkan kasus virus corona setelah Prancis dan Jerman.

2. Tercatat 213 orang meninggal dunia di Tiongkok karena virus corona

Virus Corona Meluas ke 18 Negara, Filipina dan India Sudah TerjangkitPetugas memeriksa suhu tubuh penumpang sebelum memasuki kereta bawah tanah di depan Stasiun Kereta Beijing, di pusat kota Beijing, Tiongkok, pada 25 Januari 2020. (ANTARA FOTO/REUTERS/Thomas Peter)

Berdasarkan data resmi WHO terkait laporan situasi virus corona, sebanyak 7.736 kasus positif terjadi di Tiongkok, dengan 213 orang telah dinyatakan meninggal dunia.

Dalam jumlah kasus di Tiongkok tersebut, 1.370 orang mengalami gangguan kesehatan serius dan 12.167 lainnya diduga terjangkit virus tersebut.

3. Penyebaran virus corona di luar Tiongkok menjadi 82 kasus

Virus Corona Meluas ke 18 Negara, Filipina dan India Sudah TerjangkitWisatawan mengunjungi Dazaifu memakai masker di Dazaifu, Prefektur Fukuoka, Jepang. (ANTARA FOTO/REUTERS/The Yomiuri Shimbun/Takashi Ozaki)

Penyebaran virus corona di luar Tiongkok pun semakin meluas. Dari 68 kasus di 15 negara, menjadi 82 kasus di 18 negara.

Beberapa negara yang melaporkan penambahan kasus adalah Jepang dari 7 kasus menjadi 11 kasus, Singapura dari 7 menjadi 10 kasus, Malaysia dari 4 menjadi 7 kasus, dan Prancis dari 4 menjadi 5 kasus.

Negara lainnya dengan kasus positif virus corona yang sampai saai ini tercatat adalah Korea Selatan (4), Vietnam (2), Kamboja (1), Thailand (14), Nepal (1), Sri Lanka (1), Amerika Serikat (5), Kanada (3), Jerman (4), dan Uni Emirat Arab (4).

4. Hampir semua kasus memiliki riwayat perjalanan ke Tiongkok

Virus Corona Meluas ke 18 Negara, Filipina dan India Sudah TerjangkitNomor hotline untuk dihubungi soal virus Corona. (IDN Times/Arief Rahmat)

Hampir semua kasus virus corona yang terjadi di luar Tiongkok memiliki riwayat perjalanan ke Wuhan. Selain itu, ada dua orang yang memiliki riwayat perjalanan ke Tiongkok dengan lokasi yang belum diketahui.

Walaupun demikian, terdapat empat orang yang tidak memiliki riwayat perjalanan ke Wuhan ataupun Tiongkok sama sekali

5. Belum diketahui penyebabnya, 51 orang di Wuhan berhasil sembuh dari virus corona

Virus Corona Meluas ke 18 Negara, Filipina dan India Sudah TerjangkitANTARA FOTO/REUTERS/Thomas Peter

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan RI Anung Sugihantono sebelumnya mengkonfirmasi data yang menyebutkan, sebanyak 51 orang di Wuhan yang terjangkit virus corona telah sembuh.

"Namun dari orang yang kembali sehat tersebut belum diketahui penyebab kesembuhannya secara pasti, apakah karena imunitas atau daya tangkal terhadap virus," ujar Anung.

Baca Juga: Cemas Wabah Virus Corona, Jumlah WNA Tiongkok ke Jatim Justru Naik

Topic:

  • Aldzah Fatimah Aditya
  • Sunariyah
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya