Bareskrim Panggil Panji Gumilang Pimpinan Al Zaytun Senin Depan

Penyidik segara gelar perkara

Jakarta, IDN Times - Bareskrim Polri akan memanggil Panji Gumilang, pimpinan Pondok Pesantren Al Zaytun pada Senin (3/7/2023) pekan depan.

Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto menyatakan penyidik akan meminta klarifikasi kepada Panji Gumilang terkait laporan dugaan penodaan agama.

“Al Zaytun kemungkinan hari Senin (minggu depan) akan dipanggil klarifikasi,”  kata Agus kepada wartawan, Jumat (30/7/2023).

1. Sejumlah saksi disebut sudah dipanggil

Bareskrim Panggil Panji Gumilang Pimpinan Al Zaytun Senin DepanKabareskrim Polri Komjen Pol. Agus Andrianto (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Agus juga mengonfirmasi bahwa penyidik telah memanggil sejumlah saksi-saksi untuk mendalami dugaan kasus penodaan agama ini. Kendati demikian, ia belum merinci lebih lanjut siapa saksi-saksi yang telah diperiksa.

“Saya kira penyidik sudah melakukan klarifikasi terhadap tentunya saksi-saksi lain sudah dilakukan pemeriksaan,” kata dia.

Baca Juga: Mahfud: Proses Hukum di Al Zaytun Tak Ganggu Belajar Santri

2. Segera gelar perkara untuk tentukan kasus naik penyidikan

Bareskrim Panggil Panji Gumilang Pimpinan Al Zaytun Senin DepanKabareskrim Polri Agus Andrianto (dok. ANTARA News/Pribadi)

Lebih lanjut, Agus juga menuturkan bahwa penyidik segera melakukan gelar perkara pada Selasa (4/7/2023). Hal itu dilakukan untuk memutus apakah dugaan kasus penodaan agama ini bisa naik ke tahap penyidikan.

“Mudah-mudahan dari hasil gelar perkara tersebut apakah perkara tersebut bisa naik ke penyidikan atau tidak, mudah-mudahan nanti diputuskan hari Selasa,” ucapnya.

3. Soal polemik Ponpes Al Zaytun publik diminta sabar

Bareskrim Panggil Panji Gumilang Pimpinan Al Zaytun Senin Depan(Instagram/Al Zaytun Indonesia)

Sebelumnya, Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengatakan polemik Ponpes Al Zaytun saat ini sedang diurus para menterinya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengaku telah memerintahkan Menko Polhukam Mahfud MD dan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyelesaikan persoalan ini. Dia pun meminta publik bersabar.

“Ya sabarlah itu. Pak Menko Polhukam, Pak Menteri Agama, sudah saya perintahkan untuk mendalami. Nanti kalau hasilnya sudah ada, saya sampaikan,” ucapnya.

Baca Juga: Pimpinan Al Zaytun Panji Gumilang Dilaporkan ke Bareskrim Polri

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya