Cak Imin Komentari Iriana Jokowi Salam Dua Jari di Salatiga

Salam dua jari diasosiasikan model kampanye Prabowo-Gibran

Tulungagung, IDN Times - Cawapres nomor urut satu, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin mengkritik salam dua jari yang ditunjukkan Ibu Negara Iriana Jokowi saat melakukan kunjungan ke Salatiga, Jawa Tengah.

Cak Imin juga mengingatkan jangan sampai Iriana Jokowi menggunakan fasilitas negara untuk mengampanyekan pasangan capres dan cawapres nomor urut dua Prabowo-Gibran. Menurutnya, apa yang dilakukan oleh Iriana merupakan sikap yang memalukan.

"Jangan berkampanye menggunakan fasilitas negara. Memalukan," kata Cak Imin di Tulungagung, Jawa Timur, Kamis (25/1/2024).

Cak Imin juga menilai bahwa ketika Kepala Negara menggunakan fasilitas negara untuk berkampanye maka akan membahayakan demokrasi Indonesia.

Masyarakat Indonesia, kata dia, sudah bisa menilai apakah Jokowi sebagai presiden menggunakan fasilitas negara untuk melakukan kampanye politik.

"Rakyat pasti sudah cerdas menilai. Biarkan rakyat menilai dan presiden memilih posisi yang dihormati atau tidak," ujar dia.

Sebelumnya, Presiden Joko "Jokowi" Widodo dan Iriana Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Salatiga, Jawa Tengah. Dalam kunjungan tersebut, ada momen yang menarik ketika Iriana Jokowi mengulurkan tangan dari dalam jendela sambil mengacungkan salam dua jari.

Diketahui, salam dua jari selama ini selalu diasosiasikan dengan model kampanye pasangan capres dan cawapres nomor urut dua, Prabowo-Gibran.

Sementara itu, Presiden Jokowi mengatakan, simbol dua jari yang ditunjukkan oleh Iriana Jokowi tidak lain hanya bentuk ekspresi menyenangkan saat melakukan kunjungan kerja.

"Ya, kan menyenangkan, menyenangkan. Ya gak tahu, menyenangkan. Kalau ketemu masyarakat kan menyenangkan," kata dia.

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Baca Juga: Jokowi Kunker ke Salatiga Ditemani Iriana, Bagi Bansos dan Kunjungi RSUD

Topik:

  • Jujuk Ernawati

Berita Terkini Lainnya