Polisi: Body Checking Miss Universe Dilihat 3 Orang Laki-laki

Polisi sudah olah TKP dalami kasus ini

Jakarta, IDN Times - Polisi masih menyelidiki kasus dugaan kekerasan seksual yang dialami Finalis Miss Universe Indonesia 2023 setelah difoto tanpa mengenakan busana.

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Kombes Pol Hengki Haryadi menuturkan, berdasarkan keterangan pelapor, pemeriksaan tubuh atau body checking para finalis Miss Universe Indonesia dilakukan seseorang yang bukan ahlinya dan tidak memiliki kapasitas.

Tidak hanya itu, pemeriksaan tubuh terhadap para finalis ajang kecantikan itu juga dilihat tiga orang laki-laki dan satu orang wanita.

“Menurut keterangan pelapor di sana ada 3 orang laki-laki, kemudian juga ada satu orang wanita sekitar beberapa saksi yang lain,” kata dia, saat ditemui di Polda Metro Jaya, Jumat (11/8/2023).

1. Segera panggil korban untuk mendalami kasus Miss Universe

Polisi: Body Checking Miss Universe Dilihat 3 Orang Laki-lakiDirektur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Kombes Hengki Haryadi. Dia memintar interpol keluarkan red notice untuk Miss Huang cs, pelaku sindikat TPPO jual ginjal di Kamboja. (IDN Times/Amir Faisol)

Hengki mengatakan, penyidik segara menjadwalkan untuk memanggil para korban untuk mendalami kasus dugaan kekerasan seksual ini.

Kendati, demikian, pihaknya masih menunggu kesediaan korban karena beberapa dari mereka masih ada yang mengalami trauma.

“Oleh karenanya dalam waktu dekat kita akan periksa korban dulu,” ujar dia.

Baca Juga: Polisi: Lokasi Body Checking Miss Universe Indonesia Ditutup Tirai Portable

2. CCTV di ruangan pemeriksaan tubuh itu diklaim dalam keadaan mati

Polisi: Body Checking Miss Universe Dilihat 3 Orang Laki-lakiDirkrimum Polda Metro Jaya, Kombes Pol Hengki Haryadi. (IDN Times/Amir Faisol)

Mantan Kapolres Metro Jakarta Pusat itu mengatakan bahwa penyidik telah melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) dengan mengecek CCTV.

Menurut keterangan panitia atau pelapor CCTV dalam keadaan mati.  Namun, penyidik masih akan mendalami terkait kondisi CCTV tersebut.

“Pengecekan TKP juga ternyata di sana ada CCTV. Walaupun CCTV menurut keterangan panitia atau pelapor CCTV dalam keadaan mati. Kita akan cek,” kata dia.

3. Body checking ditutup tirai portabel

Polisi: Body Checking Miss Universe Dilihat 3 Orang Laki-lakiPotret Top 5 Miss Universe Indonesia 2023 (Instagram.com/missuniverse_id)

Sementara itu, Plh Subdit Renakta Ditreskrimum Polda Metro Jaya, Kompol Yuliansyah mengatakan, setelah mengecek hotel ditemukan bahwa pemeriksaan tubuh terhadap para finalis ajang kecantikan ini dilakukan di ballroom hotel dengan ditutup tirai portable.

“Lokasi body checking ada di pojokan dan ditutup seperti tirai portable,” kata Yuliansyah.

Yuliansyah mengatakan, penyidik juga telah memeriksa CCTV yang ada di hotel. Berikutnya, penyidik akan memanggil ahli untuk mendalaminya.

Menurut dia, pengecekan yang dilakukan pada Rabu (9/8/2023) kemarin hanya pemeriksaan awal untuk mengetahui gambaran umum lokasi penyelenggaraan Miss Universe Indonesia 2023.

“Penyidik hanya mengecek gambaran umum TKP saja. Nanti kita bawa tim ahli untuk pendalaman CCTV,” ujar dia.

Baca Juga: Kasus Kekerasan Seksual Miss Universe, Polisi Akan Panggil Pihak Hotel

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya