Truk Tabrak Tiang Listrik di Jaksel, Perjalanan KRL Terganggu

Berikut rute baru selama perbaikan

Jakarta, IDN Times - Sebuah truk menabrak tiang listrik aliran atas (LAA) Rute KRl lintas Pondok Ranji - Kebayoran, tepatnya di KM 17+5, Selasa (25/7/2023) sekitar pukul 08.30 WIB.  Akibat insiden ini, perjalanan KRL Pondok Ranji-Kebayoran terganggu.

"Benar, ada truk menabrak tiang listrik," kata Kapolsek Pesanggrahan, Kompol Tedjo Asmoro, kepada wartawan saat dikonfirmasi.

1. Tiang listrik aliran atas sampai halangi lintasan jalur rel

Truk Tabrak Tiang Listrik di Jaksel, Perjalanan KRL TergangguPetugas PLN memeriksa keandalan jaringan listrik. (dok. PLN)

Terpisah, Manager External Relations & Corporate Image Care KAI Commuter, Leza Arlan, menyatakan akibat insiden itu, tiang listrik aliran atas miring dan menghalangi lintas jalur rel. Pihaknya memohon maaf atas kendala yang terjadi karena membuat operasional perjalanan KRL Rangkasbitung terganggu.

Dari sederet video yang beredar di media sosial, memang sejumlah penumpang harus menunggu lama di stasiun jalur tersebut. Bahkan, ada beberapa yang harus mencari alternatif kendaraan umum karena tak mau terhambat perjalanannya.

"KAI Commuter memohon maaf atas kendala pada operasional perjalanan commuter line Rangkasbitung pagi ini sekitar pukul 08.30 WIB," ujar Leza.

Baca Juga: RI Bakal Impor KRL Baru dari Jepang, Modalnya dari APBN? 

2. Petugas melakukan perbaikan

Truk Tabrak Tiang Listrik di Jaksel, Perjalanan KRL TergangguSituasi jalur KRL Rangkasbitung-Tanah Abang. (IDN Times/Muhammad Iqbal)

Leza menuturkan, saat ini petugas terkait dari KAI Commuter dan KAI Daop 1 Jakarta berada di lokasi guna melakukan perbaikan.

Imbas kendala tersebut, LAA pada lintas tersebut dipadamkan mulai pukul 08.43 WIB untuk keselamatan dan keamanan perjalanan KRL dan proses perbaikan.

3. Diberlakukan rekayasa perjalanan

Truk Tabrak Tiang Listrik di Jaksel, Perjalanan KRL TergangguIlustrasi Kereta Rel Listrik (KRL) (ANTARA FOTO/Reno Esnir)

Terkait layanan, Leza menjelaskan pada akhirnya dilakukan rekayasa pola perjalanan KRL Rangkasbitung. Perjalanan commuter line dari arah Rangkasbitung/Parung Panjang untuk arah tujuan Tanah Abang, perjalanannya hanya sampai Stasiun Sudimara untuk kembali menuju Rangkasbitung.

"Sedangkan, perjalanan commuter line dari arah Tanah Abang, perjalannnya hanya sampai Kebayoran untuk kembali menuju Tanah Abang," ujarnya.

Berikut daftar operasi KRL akibat kecelakaan ini:

Hingga Pukul 09.15 WIB perjalanan KRL Rangkasbitung terimbas antara lain:

1. Commuter Line No.1671 perjalanannya hanya sampai Stasiun Sudimara, untuk kembali menjadi Commuter Line No.1672 relsi Sudimara-Ranngkasbitung;

2. Commuter Line No.1656 Relasi Tanah Abang-Parung Panjang berhenti di sinyal masuk Stasiun Pondok Ranji;

3. Commuter Line No.1658 relasi Rangkasbitung-Tanah Abang berhenti di Stasiun Kebayoran;

4. Commuter Line No.1660 relasi Tanah Abang-Rangkasbitung perjalananya tertahan di Stasiun Palmerah;

5. Commuter Line No.1665 relasi Parung Panjang-Tanah Abang terhenti di Stasiun Pondokranji;

6. Commuter Line No.1667 relasi Rangkasbitung- Tanah Abang terhenti di Stasiun Sudimara;

7. Commuter Line No.1669 relasi Parung Panjang- Tanah Abang terhenti di Stasiun Sudimara.

Baca Juga: Tersangkut Rel, Angkot di Depok Hancur Ditabrak KRL

Topik:

  • Satria Permana
  • Eddy Rusmanto

Berita Terkini Lainnya