TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

BMKG Peringatkan Nelayan Ada Gelombang Tinggi di Perairan Halmahera

Gelombang tinggi mencapai 2 - 2,5 meter

Ilustrasi kapal-kapal nelayan. (ANTARA FOTO/Dedhez Anggara)

Jakarta, IDN Times - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Ternate memperingatkan nelayan dan pengguna transportasi laut untuk waspada dengan gelombang tinggi di perairan Pulau Halmahera maupun Pulau Morotai dan Kepulauan Sula. Prakirawan Cuaca BMKG Ternate Fahmi Bachdar mengatakan gelombang tinggi tersebut dapat mencapai tinggi 2 sampai 2,5 meter.

"Gelombang laut saat ini mencapai 2 hingga 2,5 meter melanda Halmahera bagian utara, timur dan barat hingga ke perairan Pulau Morotai, Kepulauan Sula, Pulau Taliabu serta Pulau Batang Dua," ujar Fahmi seperti dikutip dari Antara di Ternate pada Sabtu (11/1).

Lalu, masih amankah untuk melaut dengan kondisi itu?

Baca Juga: Hadapi Cuaca Ekstrem di Januari, PMI Tetapkan Status Siaga Satu

1. BMKG imbau penumpang kapal kecil untuk berhati-hati

Antara Foto

Fahmi melanjutkan bagi para calon penumpang transportasi laut seperti kapal berukuran kecil untuk mengikuti arahan Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) setempat untuk menghindari kecelakaan laut.

"Calon penumpang yang akan menggunakan kapal berukuran kecil untuk mengikuti arahan KSOP setempat, guna menghindari terjadinya kecelakaan laut," tutur dia. 

2. Nelayan harap waspadai cuaca buruk di Pulau Halmahera

ANTARA FOTO/Rahmad

Selain imbauan kepada penumpang transportasi kapal kecil, Fahmi mengatakan BMKG juga telah mengimbau para nelayan yang menggunakan kapal berukuran kecil untuk mewaspadai cuaca buruk di perairan Pulau Halmahera.

"Nelayan dan kapal cepat berukuran kecil harus mewaspadai tingginya gelombang, terutama di perairan Ternate, Pulau Halmahera dan Kepulauan Sula dalam beberapa hari ke depan," tutur Fahmi. 

Baca Juga: Ini Faktor Alam yang Picu Cuaca Esktrem di Indonesia

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya