TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

KPK Tes Swab Seluruh Pegawai Usai 7 Orang Dinyatakan Positif 

Tes swab dilakukan dalam dua tahap

Ilustrasi swab test. Dok. Humas KPK

Jakarta, IDN Times - Pelaksana Tugas (Plt) Juru Bicara KPK Ali Fikri mengatakan, seluruh pegawai KPK menjalani tes swab atau PCR untuk mencegah meluasnya penyebaran COVID-19. Rangkaian tes itu akan dilaksanakan dalam dua tahap.

"Pada Rabu-Kamis, tanggal 15-16 Juli 2020 dan pada Senin-Kamis, tanggal 20-23 Juli 2020," kata Ali saat dikonfirmasi di Jakarta, Rabu (15/7/2020).

Baca Juga: 7 Pegawai KPK Terinfeksi Virus Corona, 5 Orang Sudah Sembuh

1. Tujuh pegawai KPK sebelumnya dinyatakan positif COVID-19

Ilustrasi pasien COVID-19 (ANTARA FOTO/Destyan Sujarwoko)

Ali sebelumnya mengatakan, ada pegawai KPK yang terinfeksi virus corona atau COVID-19. Namun, dia tak membeberkan siapa saja pegawai KPK tersebut.

"Berdasarkan informasi yang kami terima dari Biro SDM, Bagian Umum dan Poliklinik KPK, hingga saat ini tercatat tujuh pegawai KPK yang pernah terinfeksi COVID-19 pada rentang Mei-Juli 2020," katanya saat dikonfirmasi di Jakarta, Senin 13 Juli 2020.

2. Lima orang di antaranya dipastikan sembuh

Plt jubir KPK, Ali Fikri (IDN Times/Santi Dewi)

Dari tujuh pegawai, lima orang di antaranya sudah sembuh dalam rentang waktu Mei-Juni 2020. Ali mengatakan, proses tracing untuk mengetahui dengan siapa saja tujuh pegawai itu kontak, sudah dilakukan.

"Saat ini masih ada satu orang dalam proses perawatan di rumah sakit dan berada dalam kondisi baik. Pegawai tersebut sedang menunggu hasil tes lanjutan sesuai mekanisme yang berlaku untuk dinyatakan sehat," ucapnya.

Sementara, satu orang pegawai lainnya sedang menjalani proses isolasi mandiri, dengan pantauan pihak rumah sakit dan puskesmas domisili.

"Kami berharap dan mendoakan keduanya segera sembuh dan sehat kembali, sehingga dapat kembali beraktifitas seperti sediakala," ujar Ali.

Baca Juga: Percepat Alih Status Pegawai KPK Jadi ASN, KASN Sambangi KPK

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya