TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Harus Ada Aturan Secara Nasional untuk Transportasi Ramah Difabel

Akses transportasi difabel diharapkan tidak hanya di Jakarta

Ilustrasi kaum disabilitas (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Jakarta, IDN Times - Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), Agus Sjatno, berharap kemudahan akses difabel terhadap transportasi tidak hanya ada di Jakarta tetapi juga daerah lain.

Sebab saat di Jakarta masyarakat mendapat layanan transportasi yang baik, tetapi ketika ke luar Jakarta tidak mendapatkan hal yang sama.

"Ini ironis karena kebijakannya hanya Pemprov DKI, belum masuk ranah nasional. Harapan YLKI, ini bisa naik ke tingkat nasional, makanya akses ini yang memberikan dari atas bukan dari bawah," kata Agus saat siaran radio bertajuk 'Mewujudkan Angkutan Umum Jakarta Ramah Disabilitas', dikutip Selasa (22/11/2022).

Baca Juga: Risma Usul DKI Jakarta Punya Bus Khusus Disabilitas  

1. Harus dikerjakan dari atas

Ilustrasi disabilitas (ANTARA FOTO)

Menurut Agus, akses transportasi yang ramah difabel harus dikerjakan dari pusat agar ada kesetaraan antara daerah satu dengan lainnya di Indonesia.

"Akses untuk difabel itu memang harus dari atas, kalau dari bawah yang menginginkan akses itu gak mudah. Kalau dari atas itu akan lebih mudah, usulan dari bawah," ujar Agus.

Menurutnya, jika kebijakan tersebut berasal dari bawah, maka akan terkotak-kotak dan hanya maju di daerah tertentu saja.

2. Jakarta adalah barometer

ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Agus mengatakan, Jakarta menjadi barometer untuk pembangunan fasilitas ramah difabel.

Dia pun berharap, apa yang dilakukan di Jakarta dapat menjadi contoh bagi wilayah lain dan dapat meningkat secara nasional.

"Jakarta sebagai barometer, harapannya bisa diikuti daerah lain dan bisa meningkat ke tataran nasional sehingga ada angkutan umum dari Jakarta sampai daerah dengan tarif murah dan ramah difabel serta cost yang dikeluarkan difabel tidak jauh berbeda dengan konsumen umumnya," ujar dia.

Baca Juga: Difabel Berharap Dilibatkan Sejak Awal dalam Pembangunan Infrastruktur

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya