Risma Usul DKI Jakarta Punya Bus Khusus Disabilitas  

Bus khusus disabilitas melayani berbagai rute di Ibu Kota

Jakarta, IDN Times - Menteri Sosial Tri Rismaharini mengusulkan agar Jakarta punya City Car khusus untuk disabilitas. Pernyataan ini disampaikannya saat audiensi dengan jajaran Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ) di Kantor Kementerian Sosial.

Usulan itu selaras dengan gelaran DTKJ Awards yang mengambil tema "Transportasi Terintegrasi Menuju Jakarta Kota Inklusif" yang akan dilaksanakan pada 22 November 2022 nanti.

Menurut Risma, transportasi khusus penyandang disabilitas merupakan suatu urgensi yang harus dipenuhi, mengingat keragaman disabilitas dengan segala kebutuhannya.

"Yang harus kita penuhi itu transportasi dengan akses yang mudah bagi disabilitas, tidak hanya untuk yang fisik, tapi yang netra dan yang lain juga," katanya dalam siara tertulis, Kamis (17/11/2022).

Baca Juga: DKI Luncurkan Rumah Digital untuk Disabilitas, Ini Fungsinya!

1. Risma minta DTKJ dorong pihak terkait sediakan bus khusus disabilitas

Risma Usul DKI Jakarta Punya Bus Khusus Disabilitas  PT Transjakarta resmi operasikan bus listrik. Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan, akan ada 100 bus listrik yang beroperasi hingga akhir 2022. (IDN Times/Uji Sukma Medianti)

Risma mengusulkan agar DTKJ bisa mendorong stakeholder terkait untuk menyediakan bus khusus disabilitas, yang melayani berbagai rute di Ibu Kota.

Hal ini juga untuk menunjukkan komitmen Pemerintah Indonesia dalam mengaplikasikan salah satu dari isi Jakarta Declaration on the Asian and Pacific Decade of Persons with Disabilities 2023–203, yang disetujui oleh negara-negara anggota UN Economic and Social Commission for Asia and the Pacific (UNESCAP) bulan oktober lalu.

"Salah satu poin dari komitmen tersebut adalah tersedianya aksesibilitas bagi penyandang disabilitas, salah satunya adalah transportasi publik," imbuh Risma.

2. DTKJ Awards sebagai barometer penyelenggaraan transportasi bagi disabilitas

Risma Usul DKI Jakarta Punya Bus Khusus Disabilitas  Menteri Sosial Tri Rismaharini saat audiensi dengan jajaran Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ) di Kantor Kementerian Sosial. (dok. Kemensos)

Sementara itu, Ketua DTKJ Haris Muhammadun menyebut, pihaknya menginisiasi DTKJ Awards sebagai barometer penyelenggaraan transportasi bagi disabilitas.

Oleh karena itu, diharapkan ajang ini dapat menjadi penggerak pemenuhan hak penyandang disabilitas dalam bertransportasi, khususnya di DKI Jakarta.

3. Transportasi terintegrasi menuju Jakarta Kota Inklusif

Risma Usul DKI Jakarta Punya Bus Khusus Disabilitas  Ilustrasi LRT Jakarta (IDN Times/Gregorius Aryodamar P)

Setidaknya terdapat dua kegiatan dalam DTKJ Award, di antaranya forum diskusi tentang transportasi terintegrasi menuju Jakarta Kota Inklusif dan Penganugerahan apresiasi.

"Apresiasi ini dibagi tujuh kategori kepada operator transportasi yang telah menyediakan sarana prasarana ramah disabilitas," imbuh Haris.

Baca Juga: Jos, Disabilitas Ini Pamerkan Karya ke 53 Delasi Negara Asia-Pasifik

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya