TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Duka Mendalam, 1.026 Tenaga Kesehatan Gugur Lawan COVID-19 

Turut berduka cita

Sejumlah tenaga kesehatan berjalan menuju ruang perawatan pasien COVID-19 di Rumah Sakit Darurat COVID-19 (RSDC), Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta, Rabu (5/5/2021). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat.

Jakarta, IDN Times - Kabar duka terus menyelimuti Indonesia di tengah wabah COVID-19 yang kian mengganas. Sebanyak seribuan tenaga kesehatan telah gugur berperang melawan pandemik.

Berdasarkan data laporcovid19, hingga Senin (28/6/2021), terdapat 1.026 tenaga kesehatan meninggal dunia karena COVID-19.

"DUKA MENDALAM BANGSA INI
SERIBU NAKES GUGUR!
Seribu tenaga kesehatan yang gugur, adalah cerminan betapa buruknya penanganan pandemik di dalam negeri," tulis laporcovid-19 di akun Instagram.

Baca Juga: 7 Potret Haru Penghormatan Nakes Pertama yang Wafat di RS Wisma Atlet 

1. Tanda-tanda sistem kesehatan kolaps kian nyata

Dua orang tenaga kesehatan beristirahat sejenak saat menunggu pasien di ruang isolasi COVID-19 Rumah Sakit Umum (RSU) Dadi Keluarga, Kabupetan Ciamis, Jawa Barat, Senin (14/6/2021). ANTARA FOTO/Adeng Bustomi.

Dalam keterangannya, laporcovid-19 mengungkapkan, kondisi saat ini kian mengkhawatirkan, tenaga kesehatan pun banyak yang terpapar dan kelelahan.

"Tanda-tanda kolapsnya sistem kesehatan Indonesia dalam menangani pandemi terlihat jelas. Mulai dari RS kolaps, ventilator dan oksigen terbatas, hingga kematian pasien saat menunggu kamar dan gugurnya nakes," tulis laporcovid-19.

2. Penghormatan terakhir untuk nakes yang gugur

Pusara Digital yang didedikasikan untuk para nakes yang wafat karena COVID-19. Dokumentasi Lapor COVID-19

Meski demikian, lanjut laporcovid-19, pemerintah hanya memilih diam dan berlindung di balik PPKM Mikro yang jelas tidak efektif.

Dalam akun media sosial tersebut, laporcovid-19 mengajak warganet memberikan penghormatan terakhir untuk nakes yang gugur.

"Kalian bisa memberikan penghormatan terakhir untuk nakes yang gugur dengan mengakses PUSARA DIGITAL melalui nakes.laporcovid19.org," ajak laporcovid-19.

Baca Juga: Sedih, 405 Dokter Meninggal Dunia karena COVID-19

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya