TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Serentak, Ini Daftar 570 Instansi yang Buka Seleksi CPNS 2021

Perekrutan dimulai hari ini

Ilustrasi tes kompetensi. (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi)

Jakarta, IDN Times - Rangkaian seleksi calon aparatur sipil negara (CASN) tahun 2021 telah resmi dimulai. Tahun ini seleksi dibagi menjadi dua, yakni seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dan seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS).

Sebanyak 570 instansi pemerintah turut berpartisipasi untuk merekrut talenta terbaik bangsa.

“570 instansi pemerintah tersebut terdiri dari 53 kementerian dan lembaga, 33 pemerintah provinsi, serta 484 pemerintah kabupaten dan kota,” jelas Plt Asisten Deputi Perencanaan dan Pengadaan SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Katmoko Ari Sambodo, dalam siaran tertulis, Rabu (30/6/2021).

Baca Juga: Resmi! Kemenhub Sediakan 2.445 Formasi di CPNS 2021

Ari Sambodo menerangkan, 570 instansi pemerintah tersebut akan merekrut 689.623 formasi, baik CPNS maupun PPPK. Khusus bagi instansi daerah, juga akan merekrut PPPK guru.

Ari mengingatkan agar calon pelamar dapat mempelajari terlebih dahulu mengenai jalur dan formasi yang akan diambil. Terkait jalur, dapat dipelajari melalui kebijakan yang dikeluarkan oleh Kementerian PANRB.

1. Jangan lupa pelajari jalur dan formasi yang diambil

Ilustrasi Pendaftaran CPNS (IDN Times/Mardya Shakti)

2. Pendaftaran seleksi CASN dibuka mulai 30 Juni hingga 21 Juli 2021

Ilustrasi tes sistem CAT seleksi CPNS. (ANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra)

Kebijakan tersebut adalah Peraturan Menteri PANRB Nomor 27/2021 tentang Pengadaan PNS, PermenPANRB Nomor 28/2021 tentang Pengadaan PPPK untuk Jabatan Fungsional Guru pada Instansi Daerah Tahun 2021, serta PermenPANRB Nomor 29/2021 tentang Pengadaan PPPK untuk Jabatan Fungsional. Sedangkan, informasi terkait formasi dapat dilihat di persyaratan dan ketentuan di masing-masing instansi yang akan dilamar.

“Hal ini menjadi penting untuk dipahami, karena pelamar hanya dapat memilih satu jalur dan satu formasi, dan tidak dapat diubah ketika sudah dilakukan pendaftaran,” ungkap Ari.

Pendaftaran Seleksi CASN dibuka sejak 30 Juni hingga 21 Juli 2021 serentak untuk CPNS, PPPK guru, dan PPPK non-guru. Pendaftaran dilakukan pada portal Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN) melalui laman https://sscasn.bkn.go.id/.

Baca Juga: Pendaftaran Mulai 30 Juni, Ini Jadwal Lengkap dan Alur Seleksi CPNS

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya