TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Doa untuk Pengantin Baru Menikah, termasuk di Malam Pertama

Ada doa khusus untuk mempelai pria

Pernikahan di tengah pandemik virus corona di Indonesia (IDN Times/Candra Irawan)

Jakarta, IDN Times – Momen pernikahan menjadi salah satu yang paling membahagiakan dalam kehidupan manusia di dunia. Untuk itu, sudah selayaknya kita turut berbahagia setiap kali melihat atau menghadiri pesta pernikahan seseorang.

Di tengah kebahagiaan tersebut, alangkah baiknya bila kita dapat membacakan doa untuk orang yang baru menikah, sebagaimana ajaran Rasulullah SAW. Tujuannya, agar kehidupan rumah tangga pengantin baru tersebut senantiasa dipenuhi dengan rahmat dan berkah Allah SWT.

Berikut beberapa doa untuk pasangan yang baru menikah sperti dilansir dari laman nu.or.id: 

Baca Juga: Gak Perlu Minder, Baca Doa Ini untuk Menghilangkan Jerawat

1. Doa untuk pengantin yang baru menikah

Ilustrasi pernikahan di tengah pandemik virus corona di Indonesia (IDN Times/Candra Irawan)

Muhyiddin Abu Zakaria Yahya bin Syaraf al-Nawawi al-Dimasyqi dalam kitab berjudul Al-Adzkâr al-Muntakhabah min Kalâmi Sayyid al-Abrâr menyebutkan sebuah doa yang dapat dibacakan bagi pasangan yang baru saja melangsungkan akad nikah.

Doa tersebut berisi permohonan agar kedua mempelai mendapatkan keberkahan dari Allah SWT dalam perjalanan rumah tangganya. Adapun doanya sebagai berikut:

بَارَكَ اللهُ لَكَ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِيْ خَيْرٍ. بَارَكَ اللهُ لِكُلِّ وَاحِدٍ مِنْكُمَا فِيْ صَاحِبِهِ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِيْ خَيْرٍ

Bârakallâhu laka wa jama’a bainakumâ fî khairin. Bârakallahu likulli wâhidin minkumâ fî shâhibihi wa jama’a bainakumâ fî khairin.

Artinya: Berkah Allah (semoga tercurahkan) bagimu. Dan (semoga) Allah mengumpulkan kalian berdua dalam kebaikan. Berkah Allah (semoga tercurahkan) bagi masing-masing kalian berdua atas pasangannya, dan (semoga) Allah mengumpulkan kalian berdua dalam kebaikan.

2. Doa khusus untuk mempelai pria

IDN Times/Indah Permata Sari

Selain doa di atas, ada pula doa yang dapat diberikan secara khusus kepada mempelai pria yang biasanya dibaca saat berjabat tangan.

Doa ini merupakan ucapan selamat sekaligus mendoakan kebahagiaan. Berikut doanya:

بَارَكَ اللهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِيْ خَيْرٍ وَعَافِيَةٍ

Bârakallâhu laka, wa bâraka ‘alaika, wa jama‘a bainakumâ fî khairin wa ‘afiyah.

Artinya: Semoga Allah SWT memberi berkah untukmu. Semoga Allah menurunkan kebahagiaan atasmu. Semoga Allah SWT menyatukan kamu berdua dalam kebaikan dan ‘afiyah'.

Baca Juga: Doa Saat Bertemu Ular dan Cara Mengusirnya Agar Terhindar dari Bahaya

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya