TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Bangga! 12 Dosen dan Peneliti UI Masuk Jajaran Peneliti Terbaik Dunia

Ada kriteria khusus untuk jadi peneliti terbaik

Universitas Indonesia, Depok. (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Jakarta, IDN Times - Sebanyak 12 dosen dan peneliti Universitas Indonesia masuk ke dalam jajaran peneliti paling berpengaruh di dunia. Predikat itu dirilis oleh Standford University dan sebuah perusahaan penerbitan akademik asal Belanda, Elsevier BV.

Siapa saja sosok peneliti terbaik di dunia dari Universitas Indonesia?

Baca Juga: Keren, Mahasiswa Universitas BSI Jadi Delegasi RI di COP27 PBB Mesir

1. Daftar peneliti yang masuk daftar terbaik

ilustrasi peneliti (IDN Times/Aditya Pratama)

Dalam rilisnya, lima peneliti yang masiuk daftar tersebut berasal dari Fakultas dan Ilmu Pengetahuan Alama (MIPA) yakni, Dr. Yoki Yulizar; Prof. Dr. rer. nat. Rosari Saleh; Prof. Dr. Ivandini Tribidasari Anggraningrum; Drs. Dr. Zuherman Rustam, DEA.; dan Dr. Dipo Aldila, S.Si., M.Si.

Sisanya, merupakan dosen dan peneliti dari Fakultas Kedokteran. Mereka adalah Prof. Dr. dr. Siti Setiadi, SpPD-KGer, M.Epid, FINASIM.; Prof. dr. Jeanne Adiwinata Pawitan, M.S., Ph.D.; dan Prof. Dr. dr. Sri Rezeki Hadinegoro, Sp.A (K).

2. Ada kriteria khusus untuk jadi peneliti terbaik

ilustrasi peneliti (IDN Times/Aditya Pratama)

Ada kriteria khusus untuk menentukan peneliti terbaik. Stanford University dan Elsevier membuat database dari top-cited scientists yang memberikan informasi terstandarisasi terkait sitasi, h-index, co-authorship adjusted hm-index, kutipan untuk makalah di posisi kepengarangan yang berbeda, dan indikator komposit (c-score).

Penilaian Top 2 persen Scientist in the World dilakukan oleh Professor John P.A. Ioannidis, M.D., Ph.D. dari Stanford University; Jeroen Baas dari Elsevier; dan Kevin Boyack dari SciTech Strategies yang dipublikasikan melalui “Updated Science-wide Author Databases of Standardized Citation Indicators” versi keempat.

Baca Juga: Universitas Korsel Siap Beri Gelar Doktor Kehormatan untuk Puan

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya