TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Respons KY soal Harta Rp51,2 M Calon Hakim Agung Triyono Martanto

Kekayaan Triyono naik Rp31,3 M dalam setahun

Gedung Komisi Yudisial (IDN Times/Aryodamar)

Jakarta, IDN Times - Calon Hakim Agung, Triyono Martanto, tengah disorot publik lantaran kekayaannya mencapai Rp51,2 miliar per 2021. Ia merupakan salah satu calon Hakim Agung (Mahkamah Agung) yang diusulkan Komisi Yudisial (KY) ke DPR tahun ini.

Juru Bicara KY, Miko Ginting, mengatakan pihaknya tidak bisa memberikan penjelasan pada publik soal kekayaan Triyono yang tengah disorot publik. Sebab, ada ketentuan yang membatasi hal tersebut.

"Karena KY sebagai lembaga terikat pada dua hal yakni ketentuan kerahasiaan jabatan (Pasal 20A UU KY), dan ketentuan informasi yang dikecualikan (Pasal 17 UU Keterbukaan Informasi Publik)," kata Miko, Sabtu (25/3/2023).

Baca Juga: Harta Calon Hakim Agung Triyono Martanto Naik Rp31,3 M dalam Setahun

1. KY punya pertimbangan loloskan calon Hakim Agung, termasuk Triyono Martanto

Gedung Komisi Yudisial (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Miko menjelaskan, KY punya pertimbangan tertentu dalam meloloskan calon Hakim Agung. Pertimbangan itu juga mengakomodir masukan dari lembaga lain, seperti Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Sehingga calon yang bersangkutan semestinya bisa menjelaskan secara terang-benderang perihal harta kekayaan ini di forum uji kepatutan dan kelayakan di DPR nanti. Ini forum klarifikasi dan penjelasan yang tepat bagi kepentingan publik dan calon yang bersangkutan," jelasnya.

Baca Juga: Hakim Agung Gazalba Saleh Diduga Terima Gratifikasi Puluhan Miliar

2. Kekayaan Triyono Martanto melonjak Rp31,3 M dalam setahun

Ilustrasi Harta Kekayaan (IDN Times/Aditya Pratama)

Diketahui, calon Hakim Agung, Triyono Martanto, tengah disorot publik karena kekayaannya mencapai Rp51,2 miliar per 2021. Jumlah itu naik Rp31,3 miliar dalam setahun.

Pada 2020, ia tercatat punya kekayaan Rp19,8 miliar. Setahun berikutnya, kekayaan Triyono melonjak menjadi Rp51,2 miliar.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya