TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Strategi Ridwan Kamil Hindari Resesi Terjadi di Indonesia

Ridwan Kamil ajak masyarakat membeli produk lokal

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. (IDN Times/Imam Faishal).

Bekasi, IDN Times - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil meyakini Indonesia khususnya Provinsi Jawa Barat terhindar dari resesi yang diisukan datang pada 2023.

"InsyaAllah resesi tidak akan hadir, di Negara lain mungkin resesi, itungan Jawa Barat (dan) Indonesia aman," kata Ridwan kepada wartawan di Bekasi, Minggu (18/12/2022). 

1. Harus beli produk lokal

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. (IDN Times/Imam Faishal)

Dia menyarankan masyarakat harus lebih sering membeli produk lokal dibanding produk impor. Dia menyebut jika masyarakat ketergantungan membeli produk dari luar negri, stabilitas ekonomi akan terganggu. 

"Syaratnya satu rajin-rajin belanja tapi barang dalam negeri udah itu aja, kalau terlalu banyak beli-beli jual impor exspor, khususnya impor ketergantungan dan stabilitasnya (akan) rawan," jelasnya. 

"Kalau itu dilakukan (membeli produk lokal) insyaAllah ekonomi bergerak karena ada pembeli jadi kita tidak kena resesi," tambahnya. 

Baca Juga: Jokowi: Awal Tahun Depan Sudah Masuk Resesi Global

2. Jangan panik

Ilustrasi Resesi (IDN Times/Arief Rahmat)

Ridwan yang akrab disapa Kang Emil ini juga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak panik menghadapi resesi. Menurutnya, resesi di Indonesia tidak akan terjadi. 

"Jangan bikin panik ya, yang resesi di luar negeri, di Indonesia aman," katanya. 

Baca Juga: Dihantui Resesi, Zulhas Optimistis Ekonomi Indonesia Tumbuh

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya