TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Momen Iduladha, Yusuf Mansur Ajak Umat Muslim Satukan Potensi Ekonomi

Potensi ekonomi dari berkurban mencapai Rp69 triiliun

Ustaz Yusuf Mansur. IDN Times/Teatrika Handiko Putri

Jakarta, IDN Times - Yusuf Mansur mengajak umat muslim bersatu menyatukan segala potensi ekonomi. Hal itu dia disampaikan saat menjadi khatib Iduladha di Masjid Istiqlal Jakarta, Minggu (11/8).

"Pada perintah kurban, secara potensi ekonomi dahsyat betul. Dari pelaporan resmi saja bisa tembus angka Rp10 triliun. Dengan umat melaksanakan kurban, itu berarti melaksanakan eksplorasi dan mobilisasi kurban. Di sinilah opportunity, tantangan dan peluangnya. Umat harus mengeksplorasi dan mobilisasi yang menyatu, tidak berserakan," ungkap Pimpinan Pondok Pesantren Darul Quran tersebut.

Baca Juga: Airlangga Hartarto Hingga ARB Salat Iduladha di DPP Golkar

1. Potensi ekonomi saat berkurban mencapai Rp69 triliun

IDN Times/Indiana Malia

Yusuf mengatakan, potensi ekonomi berkurban dalam satu tahun bisa mencapai Rp69 triliun. Hal itu akan semakin membaik jika potensi ekonomi di bidang lain disatukan, misalnya dalam hal haji dan umrah.

"Di mana-mana umat memobilisasi dirinya untuk haji, umrah. Ini terjadi puluhan tahun, tapi umat belum bersatu secara nasional, apalagi global," katanya.

2. Dunia digital juga perlu dirambah

IDN Times/Gregorius Aryodamar

Menurut Yusuf, anak-anak muda saat ini akrab dengan dunia digital. Jika ada digitalisasi kurban, perekonomian akan semakin membaik.

"Apalagi sekarang adalah hari-harinya fintech, e-commerce, marketplace. Sebutlah digitalisasi kurban, kemudian A sampai Z didigitalisasi, di-marketplace-kan di-e-commerce-kan, di-fintech-kan, maka kurban ini akan dinikmati oleh orang-orang yang menyatukan," tuturnya.

Baca Juga: Iduladha 2019, Pengelola Masjid Istiqlal Sembelih 43 Hewan Kurban

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya