Iduladha 2019, Pengelola Masjid Istiqlal Sembelih 43 Hewan Kurban

Presiden Jokowi dan Wapres JK turut menitipkan kurbannya

Jakarta, IDN Times - Pengelola Masjid Istiqlal menerima 23 ekor sapi dan 20 ekor kambing dalam perayaan Iduladha 2019. Kepala Protokol Masjid Istiqlal, Abu Hurairah mengatakan terdapat sejumlah titipan hewan kurban dari pejabat tinggi negara, seperti Presiden Joko 'Jokowi' Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Selain itu, terdapat titipan hewan kurban dari para menteri, antara lain Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Perikanan dan Kelautan Susi Pudjiastuti, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Ketua Umum Partai PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri hingga Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Kira-kira penyembelihan dilakukan pukul 10.00 WIB atau 11.00 WIB," kata Kepala Protokol Masjid Istiqlal Abu Huraihah dalam keterangan tertulis, Minggu (11/8).

Baca Juga: Ditanya Soal Hewan Kurban, Jokowi: Tanyakan pada Sapinya

1. Gereja Katedral turut menyerahkan hewan kurban

Iduladha 2019, Pengelola Masjid Istiqlal Sembelih 43 Hewan KurbanIDN Times/Gregorius Aryodamar

Selain sejumlah nama tersebut, kata Abu, ada pula anak sulung Presiden Soeharto, Siti Hardiyanti Rukmana atau Tutut Soeharto, dan sejumlah masyarakat. Perwakilan dari Gereja Katedral juga turut menyerahkan hewan kurban.

Pantauan IDN Times, ribuan umat muslim memadati Masjid Istiqlal sejak pagi. Sejak pukul 06.00 WIB kawasan masjid dipenuhi warga yang ingin melaksanakan salat Iduladha. Antrean kendaraan juga tampak mengular hingga depan Stasiun Gambir.

Sepeda motor dan kendaraan roda empat juga tampak terparkir di sepanjang bahu jalan di dekat Masjid Istiqlal. Sejumlah pedagang kantong plastik, minuman, hingga kaus kaki juga tampak menawarkan dagangannya kepada masyarakat yang datang.

Baca Juga: MUI Imbau Khatib Salat Iduladha 1440 H Sampaikan Pesan Perdamaian

2. Jemaah salat Iduladha mencapai 150 ribu orang

Iduladha 2019, Pengelola Masjid Istiqlal Sembelih 43 Hewan KurbanIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Abu memperkirakan ada sekitar 150 ribu jemaah yang menjalankan ibadah salat Iduladha di Masjid Istiqlal pagi ini. Sebab, banyak masyarakat yang tidak melakukan mudik ke kampung halaman.

Sementara, Iduladha tahun ini diisi oleh Pimpinan Pondok Pesantren Darul Quran, Ustaz Yusuf Mansyur sebagai khatib atau penceramah. Imam salat berasal dari Masjid Istiqlal.

"Untuk salat, khatibnya Ustaz Yusuf Mansyur. Imamnya ustaz Ahmad Husni Ismail, imam rawatib Istiqlal," ucapnya.

3. Ustaz Yusuf Mansur berceramah soal kesejahteraan umat

Iduladha 2019, Pengelola Masjid Istiqlal Sembelih 43 Hewan KurbanIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Masjid Istiqlal memulai salat Iduladha sejak pukul 07.00 WIB. Usai salat, Yusuf Mansyur itu memberikan ceramah berkaitan dengan kesejahteraan umat.

Baca Juga: Kisah Karyawan Hotel Jadi Juru Masak Masjid Istiqlal 

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya