TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Bansos Tunai Rp300 Ribu Segera Cair, Risma: Jangan Buat Beli Rokok!

“Kami akan pantau."

Tri Rismaharini (Instagram.com/tri.rismaharini)

Jakarta, IDN Times - Menteri Sosial Tri Rimaharini mengatakan pemerintah akan menyalurkan bantuan sosial tunai (BST) Rp300 ribu mulai Januari 2021. BST akan disalurkan melalui PT Pos Indonesia (Persero).

“Tidak ada penggunaan untuk pembelian rokok, kami akan bicarakan bila hal itu terjadi, kami akan lakukan evalusi untuk penerima bantuan. Jangan sampai bantuan untuk kesehatan tapi malah jadi ada masalah karena digunakan untuk rokok,” kata Risma saat jumpa pers setelah Rapat Terbatas di Istana, Selasa (29/12/2020).

Baca Juga: Risma Perketat Penyaluran Bansos Sembako Mulai Februari 2021

1. Penggunaan uang BST akan dipantau pemerintah

ANTARA FOTO/Arif Firmansyah

Risma mengatakan pihaknya telah menyiapkan perangkat untuk memantau kemana uang BST akan digunakan oleh penerima. 

“Kami akan pantau, Insyaallah Februari kita menyiapkan tools alat untuk kami mengetahui dengan uang itu dibelanjakan dengan apa saja,” ujar Risma.

2. Bantuan sembako di Jabodetabek diubah jadi BLT

Ilustrasi bantuan sosial. ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan bansos 2021 untuk wilayah Jabodetabek tidak lagi berbentuk sembako.

“Untuk wilayah Jabodetabek yang selama ini menggunakan skema sembako akan diubah menjadi bantuan langsung tunai yang nanti akan diantar oleh tenaga dari PT Pos ke rumah. Jadi tidak perlu datang ke kantor Pos karena nanti dikhawatirkan timbul kerumunan. Karena itu akan diantar ke masing-masing alamat,” kata Muhadjir.

Baca Juga: BPK Periksa 3 Perusahaan Terkait Korupsi Bansos COVID-19 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya