TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Menag Akan ke Arab Saudi buat Pastikan Penyelenggaraan Haji 2022

Menang akan melobi Arab Saudi agar beri kuota haji tambahan

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. (dok. Kemenag)

Jakarta, IDN Times - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas akan bertolak ke Arab Saudi pada akhir tahun ini. Ia mengaku bakal memastikan penyelenggaraan ibadah haji dan umrah pada 2022.

"Soal haji dan umrah mudah-mudahan akhir tahun ini saya bisa berangkat ke Arab Saudi untuk mendapatkan kejelasan," kata Yaqut usai menutup kegiatan Madrasah Moderasi Beragama (MBB) PW GP Ansor Babel di Belitung, Sabtu (2/10/2021) seperti dilansir ANTARA.

Baca Juga: Anggota DPR Pertanyakan Biaya Diseminasi Pembatalan Haji Rp21 M

1. Yaqut akan lobi kuota tambahan ke Arab Saudi

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan paparan saat rapat kerja dengan Komisi VIII DPR di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (18/1/2021) (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Selain kepastian, Yaqut mengaku juga akan melobi Arab Saudi agar menambah kuota haji untuk jemaah asal Indonesia. Namun ia menegaskan tidak bisa menjamin hal tersebut.

"Kami akan usahakan (penambahan kuota), kalau saya menjamin tidak bisa, karena yang punya otoritas adalah pemerintah Arab Saudi," katanya.

2. Bakal upayakan tahun depan jemaah haji berangkat

Suasana Haji di tengah pandemik COVID-19 tahun 2020 (Youtube.com/Makkah Live - Hajj 2020)

Yaqut pun meminta doa restu dari masyarakat Indonesia agar pertemuan dengan Arab Saudi membuahkan hasil. Sehingga, Indonesia bisa kembali mengirimkan jemaah haji dan umrah.

"Kami akan berupaya semaksimal mungkin sesuai dengan kemampuan kami agar tahun depan masyarakat kita bisa berangkat menunaikan ibadah haji dan umrah," ujarnya.

Baca Juga: Arab Saudi Selenggarakan Haji 2021 Terbatas, Begini Respons Kemenag

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya