TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Anies: RSUD Kramat Jati Penuh, Lobi sampai Jadi Tempat Rawat Inap

Anies meninjau tenda darurat RSUD Kramat Jati dan posko PPKM

Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan melakukan inspeksi ke beberapa titik posko PPKM Mikro dan tenda darurat di RSUD Kramat Jati, Jakarta Timur pada Kamis (24/6/2021) malam (Dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Jakarta, IDN Times - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan inspeksi ke beberapa titik posko Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro dan tenda darurat yang ada RSUD Kramat Jati, Jakarta Timur, pada Kamis (24/6/2021) malam. 

Keberadaan tenda darurat di RSUD Kramat Jati itu menggambarkan keadaan pandemik COVID-19 sudah darurat. Sebab, rumah sakit telah penuh oleh pasien COVID-19.

"RSUD ini sudah penuh, bahkan lobinya itu sekarang sudah jadi tempat rawat inap. Sekarang sudah tidak cukup tempatnya, tapi pasien masih berdatangan. Maka kita siapkan tenda seperti ini di tiap RSUD milik DKI Jakarta untuk menampung mereka yang membutuhkan,"  kata Anies seperti dikutip dari siaran persnya, Jumat (25/6/2021).

Baca Juga: Wisma Atlet Penuh, DKI Buka Wisma TMII dan Ragunan untuk Pasien COVID

1. Anies sambangi posko PPKM Mikro di Jakarta Timur

Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan melakukan inspeksi ke beberapa titik posko PPKM Mikro dan tenda darurat di RSUD Kramat Jati, Jakarta Timur pada Kamis (24/6/2021) malam (Dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Anies sebelumnya menyambangi posko PPKM di Kelurahan Jati Pulo dan Kota Bambu Selatan, di Jakarta Barat, serta di Kelurahan Batu Ampar, dan Balekambang, di Jakarta Timur.

"Di posko itu ada data terkait dengan kondisi wabah di wilayahnya. Siapa, rumah mana yang terpapar, keluarga terpapar kondisinya seperti apa, siapa yang dirawat, bahkan ada juga data perkembangan vaksinasi di posko ini," ujarnya.

2. Posko PPKM sediakan bantuan obat dan olah data

Dua orang dokter berdiri di depan salah satu ruang modular di Rumah Sakit Pertamina Jaya, Cempaka Putih, Jakarta, Senin (6/4/2020). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Anies menjelaskan bahwa warga bisa memanfaatkan posko PPKM Mikro di tiap kelurahan sebagai wadah informasi terkait pandemik COVID-19. Mulai dari bantuan obat-obatan dan vaksinasi.

Peran posko tersebut juga disebut sebagai pengolah data bagi warga terpapar termasuk yang memiliki gejala, maupun orang tanpa gejala (OTG).

"Lalu bila ada yang isolasi mandiri, maka posko akan membantu kebutuhan dari mulai obat sampai pangan, di posko juga ada daftarnya, status obatnya," kata dia.

Baca Juga: Anies: Jakarta Siap Hadapi Segala Kondisi COVID, Tapi Jangan Takabur

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya