Comscore Tracker

Wisma Atlet Penuh, DKI Buka Wisma TMII dan Ragunan untuk Pasien COVID

Rumah susun juga disiapkan untuk tempat isolasi pasien COVID

Jakarta, IDN Times - Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Widyastuti mengungkapkan, Pemprov DKI akan menambah tempat isolasi mandiri di Ibu Kota yakni di Wisma Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dan Wisma Ragunan.

Dia menegaskan, dua wisma itu sudah pernah dioperasikan, jadi kini dibuka kembali. Hal itu sebagai alternatif karena Rumah Sakit Darurat COVID-19 Wisma Atlet, Kemayoran, sudah penuh.

"Ada beberapa wisma yang sebenarnya sudah pernah dipakai disiapkan oleh DKI Jakarta yaitu wisma di Ragunan, Taman Mini itu sudah pernah dipakai. Kemarin kan kosong, sekarang dengan penuhnya Wisma Atlet kita buka kembali," kata Widyastuti di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (15/6/2021).

Baca Juga: Kasus COVID-19 di DKI Genting, Pemprov Tambah Tiga Tempat Isolasi

1. Pemprov DKI juga siapkan rumah susun Nagrak jadi tempat isolasi pasien COVID-19

Wisma Atlet Penuh, DKI Buka Wisma TMII dan Ragunan untuk Pasien COVIDKepala dinas kesehatan DKI Jakarta Widyastuti (Dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Widyastuti juga menjelaskan, Pemprov DKI Jakarta sedang menyiapkan Rumah Susun (Rusun) Nagrak, Cilincing, Jakarta Utara, untuk tempat isolasi pasien COVID-19.

Rusun Nagrek, ujarnya, baru pertama kali dioperasikan jadi fasilitas isolasi pasien COVID-19.

2. Rusun Nagrak bisa tampung pasien COVID-19 hingga 2.500 orang

Wisma Atlet Penuh, DKI Buka Wisma TMII dan Ragunan untuk Pasien COVIDIlustrasi Rumah Susun (IDN Times/Galih Persiana)

Menurut Widyastuti, Tim dari Dinkes DKI, Satgas COVID-19 DKI Jakarta, dan BNPB sudah memperhitungkan dan meninjau kapasitas Rusun Nagrak.

"Sementara untuk 1.000 (pasien). Tapi nanti bisa dikembangkan sampai 2.500," ujarnya.

3. Hingga hari ini, 5.453 orang dirawat di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet

Wisma Atlet Penuh, DKI Buka Wisma TMII dan Ragunan untuk Pasien COVIDTampak Wisma Atlet yang akan digunakan sebagai tempat isolasi pasien COVID-19 (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Hingga Selasa ini, tercatat 5.453 orang dirawat di Rumah Sakit Darurat COVID-19 (RSDC) Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat. Dalam waktu 24 jam ada penambahan 425 pasien baru.
 
Sebanyak 5 ribu pasien terdiri terdiri dari 2.685 pria dan 2.768 pasien perempuan.

Baca Juga: Ada 329 Pasien Baru di Wisma Atlet dalam Waktu 24 Jam!

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya