TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Cek Fakta: Foto Sekjen PA 212 Sakit Setelah Jadi Tersangka Kasus Ninoy

Benarkah Sekjen PA 212 sakit?

Dok.IDN Times/Istimewa

Jakarta, IDN Times - Situs popnesia.com mengangkat sebuah artikel mengenai Sekretaris Jenderal Persatuan Alumni (Sekjen PA) 212 Bernard Abdul Jabbar yang sedang dirawat di rumah sakit. Bernard ditetapkan Polda Metro Jaya sebagai tersangka kasus dugaan penganiayaan Ninoy Kerundeng, pegiat media sosial sekaligus relawan Presiden Joko "Jokowi" Widodo.

Artikel tersebut berjudul "Sekjen PA 212 Bernard Abdul Jabbar Tumbang dan Dilarikan ke Rumah Sakit Usai Ditetapkan Tersangka & Ditahan Kasus Ninoy K". Dalam artikel tersebut disertakan pula sebuah foto Bernard yang terbaring di tempat tidur rumah sakit.

Lalu, bagaimana faktanya?

Baca Juga: Tulis Surat Diselamatkan DKM Al-Falaah, Ninoy: Kalau Tak Saya Dibunuh

1. Foto tersebut adalah foto Bernad saat sakit pada Januari 2019

Instagram/Narkuys212 | Bernard (Tengah)

Melalui penelusuran IDN Times, Kamis (10/10), foto tersebut memang benar menunjukkan sosok Bernard. Namun foto tersebut adalah saat kondisi Bernard awal 2019.

Foto tersebut diambil saat Bernard dirawat di Rumah Sakit Pusat Otak Nasional (PON), Jakarta Timur, akibat pembengkakan jantung.

2. Beberapa media menuliskan Bernard dilarikan ke rumah sakit

Popnesia.com

Beberapa media juga memberitakan kabar sakitnya Bernard pada Januari 2019. Di antaranya adalah detik.com yang menulis berita Sekjen PA 212 tersebut dengan judul "Dirawat 5 Hari di RS PON, Ketua Panitia Reuni 212 Sudah Pulang."

Berita tersebut diunggah pada Jumat 11 Januari 2019, keterangan foto dalam artikel tersebut adalah sumber istimewa.

3. Ada juga media yang mengganti artikel tentang pemberitaan Bernard dilarikan ke rumah sakit

IDN Times/Lia Hutasoit

Saat IDN Times membuka kembali artikel dari Popnesia.com, laman artikel dengan judul tersebut telah berubah judul dan isinya menjadi artikel lain.

Namun, ketika mengetikan judul artikel tersebut di Google, masih terpampang di laman popnesia.com dengan judul yang sama.

Baca Juga: Diperiksa soal Kasus Ninoy Karundeng, Begini Penjelasan Novel Bamukmin

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya