TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Pengambilan Foto Tubuh Tanpa Persetujuan adalah Kekerasan Seksual

Berkenaan dengan kasus body checking finalis MUID 2023

Mahkota Miss Universe Indonesia 2023 (Dok.UBS Gold)

Jakarta, IDN Times - Founder komunitas PerEMPUan, Neqy menyayangkan terjadinya kasus dugaan pelecehan seksual pada finalis Miss Universe Indonesia (MUID) 2023. Finalis MUID 2023 diduga mengalami pelecehan seksual dengan cara dipotret telanjang saat pemeriksaan tubuh. Pemotretan tubuh tanpa persetujuan adalah bentuk kekerasan seksual.

"Sangat menyayangkan bahwa hal itu terjadi kalau karena pengambilan foto tubuh tanpa persetujuan untuk fungsi apapun. Bahkan untuk keperluan medis pun bila tanpa persetujuan itu adalah kekerasan seksual," kata dia kepada IDN Times, Rabu (9/8/2023).

Baca Juga: Komnas Perempuan: Miss Universe Korban Pelecehan Harus Dapat Keadilan

1. Perlu persetujuan agar sadar terkait tindakan yang diberikan

Potret Kompilasi Hari Pertama Bootcamp Miss Universe Indonesia 2023 (Instagram.com/missuniverse_id)

Dia mengatakan, dalam konteks kesehatan ada yang namanya inform consent. Itu adalah persetujuan pada setiap tindakan yang melibatkan tubuh orang. Persetujuan harus diberikan secara sadar oleh seseorang sehingga mengerti konsekuensi dari tindakan yang diberikan.

"Apa dampaknya, apa risikonya sehingga tindakan itu baru bisa diambil setelah pemilik tubuh itu sadar penuh apa konsekuensi dari tindakan itu gitu," kata Neqy.

2. Jika tidak ada konsen bisa dinyatakan sebagai kekerasan seksual

Ilustrasi pelecehan seksual. (IDN Times/Arief Rahmat)

Neqy mengatakan, tanpa adanya persetujuan, tindakan yang ada bisa dikategorikan sebagai kekerasan seksual. Apalagi dugaan pelecehan finalis MUID 202 ini dilakukan secara telanjang yang melibatkan organ seksual.

"Tanpa adanya info konsen itu, maka tindakan apapun yang dilakukan terhadap tubuh seseorang itu, kemudian dinyatakan sebagai kekerasan seksual gitu karena melibatkan tubuhnya," ujarnya.

Baca Juga: Polisi Mulai Selidiki Laporan Finalis Miss Universe Indonesia 2023

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya