TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Utamakan Pelayanan Warga, Bupati Kediri Beri Bantuan Mobil Siaga Desa

Pelayanan kepada warga diharapkan semakin baik

Bupati Kediri Hanindito Himawan Pramana memberikan bantuan mobil siaga kepada pemerintah desa untuk menunjang pelayanan kepada masyarakat. (Dok. Humas Pemkab Kediri)

Kediri, IDN Times - Bupati Kediri Hanindito Himawan Pramana memberikan bantuan mobil siaga kepada pemerintah desa untuk menunjang pelayanan kepada masyarakat. Pemberian bantuan mobil siaga itu merupakan realisasi janji Mas Dhito saat masih kampanye.

Menunjang transportasi dan konektivitas antarwilayah, pemerintah kabupaten memberikan bantuan keuangan khusus (BKK) kepada pemerintah desa untuk kegiatan pengadaan mobil siaga. Adapun nilai bantuan keuangan yang diberikan sebesar Rp200 juta. 

"Dengan adanya mobil siaga ini diharapkan pelayanan kepada warga semakin baik. Terutama dalam mengakses layanan kesehatan, mobil siaga ini bisa digunakan untuk mengantarkan ke rumah sakit," kata Mas Dhito melalui keterangan resminya, Selasa (15/2/2022).

Baca Juga: Resep Getuk Pisang Sederhana, Sajian Khas Kediri yang Bikin Jatuh Hati

1. Mobil siaga bisa digunakan untuk menunjang program-program pemerintah desa

Bupati Kediri Hanindito Himawan Pramana memberikan bantuan mobil siaga kepada pemerintah desa untuk menunjang pelayanan kepada masyarakat. (Dok. Humas Pemkab Kediri)

Selain meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, keberadaan mobil siaga yang diberikan bagi pemerintah desa tersebut dapat diperuntukkan untuk menunjang kelancaran tugas kedinasan maupun meningkatkan kualitas hasil kerja. 

"Mobil siaga ini bisa digunakan untuk menunjang program-program pemerintah desa," ungkap Mas Dhito.

Pemberian bantuan mobil siaga itu dilakukan secara bertahap. Bantuan dikirimkan kepada desa yang telah mem-posting Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes). Hingga pertengahan Februari 2022 ini, sudah ada 53 desa yang telah menerima mobil siaga.

2. Pemkab Kediri mendorong desa-desa supaya segera menetapkan APBDes

Pemkab Kediri mendorong desa-desa supaya segera menetapkan dan mem-posting APBDes. (Dok. Humas Pemkab Kediri)

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (DPMPD) Sampurno menyampaikan, dari 343 desa di Kabupaten Kediri sudah ada 96 desa yang telah menerima transfer dana bantuan. Dari jumlah data desa yang telah mem-posting APBDes ada 53 desa yang telah dikirim mobil siaga dan 15 desa mobil siap dikirim. 

"Dari 96 desa yang telah ditransfer bantuan keuangannya untuk mobil siaga, ada 28 desa yang belum melakukan penetapan APBDes," bebernya.

Pemkab Kediri mendorong desa-desa supaya segera menetapkan dan mem-posting APBDes. Terutama bagi desa yang telah mendapatkan transfer dana keuangan untuk mobil siaga. Data DPMPD, dari 343 desa di Kabupaten Kediri ada 119 desa gang sama sekali belum posting APBDes.

Baca Juga: Bupati Kediri Minta Limbah Peternakan Sapi Dikelola dengan Baik

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya