TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Perbaiki Integritas Data, Kemensos Perkenalkan New DTKS

Transparansi penyaluran bansos

Menteri Sosial Tri Rismaharini. (Dok. Kemensos)

Jakarta, IDN Times - Kementerian Sosial (Kemensos) terus memperbaiki integritas Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) guna memastikan seluruh data memiliki identitas tunggal, serta Nomor Identitas Kependudukan (NIK) yang sesuai dengan data kependudukan. 

“DTKS sepanjang Maret telah dipulihkan integritasnya dan ditetapkan pada 1 April 2021 melalui Kepmensos No 12/HUK/2021 sehingga menjadi New DTKS,” kata Menteri Sosial Tri Rismaharini dalam jumpa pers hari ini (21/04/2021).

Baca Juga: Kemensos-LAPAN Kerja Sama Pemanfaatan Teknologi Atasi Masalah Sosial

1. Data penerima bantuan sosial dapat diakses melalui aplikasi berbasis web

Mensos Risma berikan bantuan keluarga kotban bom di Makasar (Dok. Kemensos)

Lebih lanjut Risma menjelaskan, ke depannya New DTKS akan ditetapkan setidaknya setiap bulan agar terus ditingkatkan sekaligus mengakomodasi dinamika sosial masyarakat. 

Selain itu, kini data penerima bantuan sosial yang telah disalurkan atau masih dalam proses dapat diakses melalui aplikasi berbasis web di http://cekbansos.kemensos.go.id.

“Melalui aplikasi ini, publik dapat memantau penerima bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Bantuan Sosial Tunai) dengan menyebutkan nama dan desa kelurahan tempat tinggalnya,” Jelas Risma.

2. Meningkatkan transparansi penyaluran bansos

Ilustrasi penyaluran bansos di Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Kemensos berharap, aplikasi ini dapat memenuhi hak Informasi publik dan meningkatkan transparansi penyaluran bantuan sosial. 

“Fitur dan kemampuan aplikasi CekBansos akan terus ditingkatkan sejalan dengan kebutuhan ke depan dan masukan serta harapan masyarakat,” katanya.

Pengembangan fitur berikutnya juga mencakup usulan baru atau sanggahan terkait kepantasan penerima bantuan sosial. Nantinya usulan tersebut disampaikan melalui proses verifikasi dan validasi pemerintah daerah supaya bisa menjaga integritas data. 

Baca Juga: Risma Buat Sistem Bansos Kemensos Transparan, Diluncurkan Bulan Ini

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya