TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Cara Pembelian Tiket Monas dan Harganya, Bisa Naik ke Puncak!

Pengunjung diwajibkan sudah menerima vaksin booster

Monumen Nasional (IDN Times/Besse Fadhilah)

Jakarta, IDN Times – Monumen Nasional atau Monas akhirnya dibuka setelah dua tahun lebih tutup karena pandemic COVID-19. Semula, pembukaan ini masih uji coba. Tetapi, kini publik sudah bisa naik ke Puncak Monas sejak 1 Juli 2022.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan, dibukanya Monas agar bisa dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai tempat wisata.

“Monas dibuka mulai hari ini, ke depan mudah-mudahan sudah bisa dimanfaatkan oleh warga,” kata Riza Patria di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (17/6/2022).

Lalu, bagaimana cara pemesanan tiket sebelum berkunjung ke Monas? Yuk, simak harga dan cara pemesanan tiket, serta jam operasionalnya!

Baca Juga: Kereta Kencana Ki Jaga Raksa Antarkan 2 Pusaka Indonesia ke Monas

Baca Juga: Sejarah Monas, Tempat Kerbau Cari Makan hingga Jadi Lapangan Raja

1. Simak alur pemesanan tiket ke Monas

ilustrasi mesin cetak tiket kereta/boarding pass (IDN Times/Besse Fadhilah)

Sebelum berkunjung ke Monas, pengunjung wajib mendaftarkan diri secara daring ke situs bit.ly/kunjungantugumonas. Satu pendaftaran daring tersebut hanya dapat digunakan maksimal 4 orang. Adapun pendaftaran tersebut dilakukan H-1 sebelum kunjungan.

Lalu, pendaftar diminta mengisi data diri sesuai data di KTP. Kemudian, pendaftar akan mendapatkan balasan surat melalui email, yang nantinya ditunjukan ke petugas berupa QR code untuk dapat membeli tiket masuk ke Tugu Monas.

Selain memenuhi protokol kesehatan, pengunjung yang ingin ke Monas juga diwajibkan sudah menerima vaksin dosis 3 atau booster.

Baca Juga: 5 Pohon Tertinggi di Dunia, Ada yang Hampir Setinggi Monas

2. Jam operasional dan harga tiket ke Monas

Monumen Nasional (IDN Times/Besse Fadhilah)

Adapun jam operasional Monas buka setiap Selasa – Minggu pukul 08.00-16.00 WIB. Sedangkan loket penjualan tiket tutup pukul 15.00 WIB.

Pengunjung wajib menggunakan JakCard atau kartu yang diterbitkan oleh Bank DKI sebagai alat pembayaran. Kartu JakCard bisa dibeli seharga Rp35 ribu yang sudah termasuk dengan saldo Rp20 ribu. Berikut harga tiket ke Monas:

- Tiket masuk museum

  • Dewasa : Rp5.000
  • Mahasiswa : Rp3.000
  • Anak-anak : Rp2.000

- Tiket masuk menuju ke Puncak Monas (sudah termasuk harga tiket masuk museum)

  • Dewasa : Rp15.000
  • Mahasiswa : Rp8.000
  • Anak-anak : Rp4.000

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya