TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Dianggap Lembek Urus Natuna, Prabowo: Gak Apa-apa, Silakan Saja Bicara

Prabowo tak permasalahkan dianggap lembek

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto di Kompleks Istana Negara, Jakarta Pusat, Kamis 9 Januari 2020 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Jakarta, IDN Times - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto tak mempermasalahkan anggapan publik yang menyebutnya 'lembek' dalam mengatasi permasalahan Natuna. Menurut Prabowo, setiap orang berhak mengeluarkan pendapatnya di Indonesia.

"Gak apa-apa. Silakan saja bicara, kita kan negara demokrasi, orang boleh bicara apa saja," ujar Prabowo di Kompleks Istana Negara, Jakarta Pusat, Kamis (9/1).

Baca Juga: Natuna Memanas, Jokowi Temui Ratusan Nelayan di Sana Hari Ini

1. Prabowo minta masalah Natuna tak dibuat memanas lagi

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto di Kompleks Istana Negara, Jakarta Pusat, Kamis 9 Januari 2020 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Terkait Natuna, Prabowo meminta agar isu perairan Natuna tidak lagi dibuat panas. Senada dengan Presiden Joko "Jokowi" Widodo, Prabowo setuju bahwa memang tidak ada kapal asing masuk wilayah teritorial laut Indonesia.

Menurut dia, kapal asing tersebut hanya melintasi Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE). Setiap kapal, kata dia, bebas melintas di wilayah itu.

"Ya kan jelas beliau (Jokowi) katakan kedaulatan harga mati. Tapi jangan kita panas-panasin ya," kata Prabowi di Kompleks Istana Negara, Jakarta Pusat, Kamis (9/1).

2. Prabowo sebut kapal yang masuk teritorial Indonesia harus izin terlebih dahulu

IDN Times/Bagus F

Prabowo mengatakan bahwa setiap kapal boleh melintas di kawasan ZEE. Namun, apabila sudah masuk wilayah Indonesia, harus ada izin.

"Tapi kalau eksploitasi ikan atau mineral itu harus kerja sama, harus izin kita. Nah ini kan bisa diselesaikan, kita bisa negosiasi dan sebagainya. Ya kita cool aja. Selalu saya katakan," ujar Prabowo.

Baca Juga: Mengenal ZEE, Istilah yang Kerap Digunakan Saat Perselisihan Natuna

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya