TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Hadapi COVID-19, Jokowi: Perbanyak Zikir, Sedekah, Taubat Pada Allah 

Jokowi sebut harus ada ikhtiar batin untuk hadapi COVID-19

Jokowi Hadiri Peresmian Pembukaan Konferensi Besar XXIII Gerakan Pemuda Ansor Tahun 2020 pada Jumat (18/9/2020) (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengatakan, saat ini dunia tengah menghadapi pandemik COVID-19. Dalam menghadapi wabah virus corona, Jokowi meminta ada kerja sama dan ketangguhan bangsa.

Hal itu disampaikan Jokowi dalam Peresmian Pembukaan Konferensi Besar XXIII Gerakan Pemuda Ansor Tahun 2020, yang disiarkan secara virtual, Jumat (19/9/2020).

Baca Juga: Jokowi Dorong Pemda Terapkan Pembatasan Skala Mikro, Efektifkah?

1. Jokowi ingatkan pentingnya menjaga kebersihan di tengah pandemik

Jokowi Hadiri Peresmian Pembukaan Konferensi Besar XXIII Gerakan Pemuda Ansor Tahun 2020 pada Jumat (18/9/2020) (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Jokowi menyampaikan, dalam situasi pandemik seperti ini, ketangguhan sebagai bangsa harus ditunjukkan dengan menyatukan frekuensi dan semangat dalam menghadapinya.

Jokowi mengingatkan, penting bagi masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan guna menghindari virus corona.

"Menjaga pola hidup bersih sebagaimana diajarkan Islam. Ikuti protokol kesehatan seperti pakai masker, jaga jarak, sering-sering cuci tangan, jaga wudu, konsumsi makanan halalan thoyib yang baik, sehat bergizi, olahraga cukup, istirahat cukup dan tidak stres, ini yang penting," kata Jokowi.

2. Jokowi minta masyarakat perbanyak zikir, sedekah, hingga bertaubat

Presiden Joko "Jokowi" Widodo (Dokumentasi Biro Pers Kepresidenan)

Selain itu, Jokowi juga meminta masyarakat untuk berikhtiar secara batin. Ia pun menganjurkan agar masyarakat memperbanyak zikir hingga bertaubat.

"Adapun ikhtiar batin perbanyak zikir, istighfar, dan taubat kepada Allah, perbanyak infak dan sedekah, terutama ketika saat ini banyak saudara kehilangan pekerjaan, memerlukan bantuan," ucap Jokowi.

Baca Juga: Jokowi Turut Berduka Atas Meninggalnya Sekda DKI Jakarta 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya