TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Influencer Dapat Vaksin Ketiga? Ini Kata Satgas COVID-19

Vaksin dosis ketiga diprioritaskan untuk tenaga kesehatan

Seorang peserta vaksinasi COVID-19 tengah diperiksa kondisi kesehatannya (ANTARA FOTO/Fransisco Carolio)

Jakarta, IDN Times - Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito menanggapi soal influencer yang mendapat vaksin booster ketiga. Wiku menegaskan saat ini dosis vaksin COVID-19 ketiga diprioritaskan untuk tenaga kesehatan.

“Prioritas penerima program vaksin booster saat ini adalah tenaga kesehatan sebagai populasi berisiko, sekaligus vital dalam dukung layanan kesehatan khususnya di masa pandemik,” kata Wiku dalam keterangan persnya yang disiarkan langsung di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (29/7/2021).

Baca Juga: Influencer Klaim Dapat Vaksin Dosis Ketiga, DPRD DKI: Itu Hoaks!

1. Vaksin didistribusikan dengan prioritaskan pertimbangan risiko

Petugas kesehatan menyuntikan vaksin kepada relawan saat simulasi uji klinis vaksin COVID-19 di Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran, Bandung, Jawa Barat, Kamis (6/8/2020). ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

Menurut Wiku, pemerintah memang menyediakan vaksin COVID-19 secara gratis saat ini. Namun, vaksin tersebut didistribusikan dengan pertimbangan risiko.

“Vaksin didistribusikan oleh pemerintah dengan memprioritaskan pertimbangan risiko, perhitungan laporan stok vaksin, dan kecepatan laju vaksinasi,” jelas Wiku.

Baca Juga: WHO Marah, Banyak Negara Kaya Pakai Vaksin COVID-19 untuk Booster

2. Jika ada vaksin berbayar, Satgas daerah akan tindak lanjut

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Bakti Bawono Adisasmito (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Kemudian, Wiku menegaskan bahwa vaksin yang diberikan pemerintah sepenuhnya gratis. Apabila ada yang berbayar, hal itu akan ditindaklanjuti.

“Vaksin yang diberi sepenuhnya gratis baik melalui skema program atau Gotong Royong. Adapun temuan vaksinasi berbayar di lapangan akan ditindaklanjuti oleh Satgas di daerah setempat,” terang Wiku.

Baca Juga: Viral Influencer Ngaku Dapat Vaksin Dosis ke-3, Apa Kata Kemenkes?

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya