TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Mahfud MD: Kita Pakai Diplomasi Lunak pada Kasus Muslim Uighur

Mahfud minta publik melihat lebih objektif

Menko Polhukam Mahfud MD. (IDN Times/Prayugo Utomo)

Jakarta, IDN Times - Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Polhukam) Mahfud MD mengatakan, isu Muslim Uighur di Tiongkok tengah ditangani Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi. Menurut dia, Indonesia berada di posisi tengah.

"Itu Bu Menlu sudah melakukan langkah-langkah, ya. Kita punya jalan diplomasi lunak sejak dulu, kita menjadi penengah dan mencari jalan yang baik, bukan konfrontatif gitu, ya," kata Mahfud di Hotel Aryaduta, Jakarta Pusat, Kamis (19/12).

Baca Juga: Peneliti LIPI: Pemerintah Tiongkok Tak Diskriminatif ke Muslim Uighur

1. Mahfud sebut pemerintah mencari jalan terbaik

Menkoplhukam Mahfud MD menyampaikan pidato kunci dalam acara Gerakan Suluh Kebangsaan. (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Mahfud menjelaskan, Retno tengah menyiapkan langkah-langkah terkait Muslim Uighur, meskipun kasus tersebut bukan kasus baru. Tak hanya dari pemerintah, kelompok masyarakat juga turut membantu kasus Muslim Uighur di Tiongkok.

"Kemudian dari kelompok masyarakat ada majelis ulama, Muhammadiyah, MUI (Majelis Ulama Indonesia), sudah ke sana, dan sebagainya. Kita cari jalan yang baik lah, kita tidak bisa mendiamkan peristiwa itu. Tapi juga kita harus tahu masalah yang sebenarnya," kata dia.

2. Mahfud minta publik objektif mengenai kasus Muslim Uighur

Menkopolhukam Mahfud MD dan Menteri Keuangan Sri Mulyani hadir dalam acara Gerakan Suluh Kebangsaan. (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Mahfud mengatakan, Muslim di Tiongkok bukan hanya Uighur. Penganut Islam juga ada di kota lainnya seperti Beijing. Sehingga, ia mengimbau kepada masyarakat agar lebih lebih objektif melihat tentang Muslim Uighur.

"Saya pernah ke Beijing, pernah ke tempat lain aman-aman aja tuh. Tapi kalau di Uighur terjadi begitu, ada apa? Kita harus mencoba lebih objektif melihat seluruh persoalan itu," ucap mantan ketua Mahkamah Konstitusi itu.

3. Menlu akan melakukan langkah melalui diplomasi lunak

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi (tengah). (IDN Times/Helmi Shemi)

Karena itu, kata Mahfud, Menlu akan melakukan langkah-langkah diplomasi lunak terkait masalah Muslim Uighur, demi alasan umat manusia ke depan.

"Untuk itulah maka nanti Ibu Menlu melalui diplomasi lunaknya, bebas aktifnya itu akan melakukan langkah-langkah yang baik untuk kebaikan umat manusia," ujar dia.

Baca Juga: Media Tiongkok: Karena Iri, Amerika Serikat Intervensi Soal Uighur

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya