TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Satgas Minta Pemda Beri Sanksi Warga yang Menolak Dites COVID-19

Masyarakat diminta tidak takut jalani tes COVID-19

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito (Dok.Biro Pers Kepresidenan)

Jakarta, IDN Times - Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito, meminta pemerintah daerah untuk menerapkan sanksi bagi masyarakat yang menolak dites COVID-19. Testing dilakukan sebagai upaya dini penanganan virus corona.

"Kami meminta pemerintah daerah untuk menerapkan sanksi bagi masyarakat yang tidak mau atau menolak, untuk benar-benar menjalankannya secara ketat tanpa pandang bulu," ucap Wiku dalam keterangan pers yang disiarkan langsung di channel YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (24/11/2020).

Baca Juga: Waduh! 3 Pekan Berturut-turut DKI Sumbang Kasus COVID Terbanyak di RI

1. Masyarakat diminta tidak takut melakukan tes COVID-19

Juru Bicara Satgas COVID-19, Wiku Adisasmito di Kantor Presiden, Jakarta (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Menurut Wiku, semakin banyaknya testing yang dilakukan, maka angka kesembuhan kasus COVID-19 di Indonesia akan semakin baik. Oleh karena itu, ia meminta masyarakat agar tidak takut melakukan tes COVID-19.

"Saya meminta kepada masyarakat untuk jangan takut melakukan testing jika mengalami gejala COVID-19, sebagai deteksi awal untuk memastikan status kesehatan. Semakin awal testing dilakukan, maka treatment juga dapat dilakukan secara cepat sehingga meningkatkan peluang kesembuhan," kata Wiku.

2. Pemerintah tengah mengejar jumlah testing sesuai standar WHO

Ilustrasi Tes Usap/PCR Test. IDN Times/Hana Adi Perdana

Wiku menjelaskan, saat ini pemerintah tengah menggenjot pelaksanaan testing. Berdasarkan standar World Health Organization (WHO) atau Organisasi Kesehatan Dunia, Indonesia harus melakukan testing sebanyak 267.000 orang per minggu dengan jumlah penduduk yang mencapai 267 juta jiwa.

"Pemerintah terus mengejar ketertinggalan pencapaian angka testing yang ditetapkan oleh WHO. Penting untuk diketahui, jumlah testing per wilayah disesuaikan dengan kepadatan populasi di dalamnya," jelas dia.

Baca Juga: Satgas Minta Massa di Acara Rizieq Shihab Segera Tes COVID-19, Gratis!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya