TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Formula E Bakal Digelar di Ancol

Ancol dipilih karena dinamis dan ikonik

Dokumentasi - Anies Baswedan saat bernegosiasi mengenai Formula E di New York pada 2019. (facebook.com/Anies Baswedan)

Jakarta, IDN Times - Ajang Formula E 2022 Jakarta bakal digelar di Ancol, Jakarta Utara. Hal ini disampaikan oleh Ketua Pelaksana Jakarta E-Prix, Ahmad Sahroni, Rabu (22/12/2021). Sahroni mengatakan, diputuskannya Ancol sebagai lokasi atas dasar approval pihak Formula E Operation (FEO) dan FIA.

“Baru tadi pagi, dari dua lembaga tersebut (FEO dan FIA), approval sirkuit di Ancol,” kata Sahroni, Rabu (22/12/2021).

Baca Juga: Daniel Ricciardo Beri Nilai 5,5 untuk Penampilannya di Formula 1 2021

1. Ancol dipilih karena ikonik dan dinamis

Petugas keamanan berpatroli di kawasan Pantai Timur Ancol di Jakarta, Senin (25/5/2020). Memasuki hari kedua Idul Fitri 1441 H, suasana Pantai Ancol sepi dari pengunjung akibat masih ditutup selama pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Sahroni menuturkan, ada dua alasan mengapa Ancol dipilih sebagai lokasi, pertama Ancol merupakan tempat yang dinamis dan ikonik Jakarta. Kedua, jika Ancol menjadi sirkuit balap maka tidak mengganggu pengguna jalan lain. 

“Ancol tempat dinamis dan ikonik Jakarta dan tak mengganggu sarana masyarakat yang lain. Dan tertutup pada 4 Juni 2022,” tutur dia.

2. Sirkuit di Ancol tak perlu dibangun dari nol

ririssafitri26

Selain itu, dari segi kebermanfaatan, Ancol tak perlu dibangun dari nol seperti sirkuit di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Di samping itu, areal jalan raya di Ancol juga sesuai dengan desain yang diinginkan oleh FIA dan FEO.

“Formula E sendiri, areal jalan raya yang bisa di-approve dengan kondisi desain mereka (FIA dan FEO) adalah Ancol,” kata Sahroni.

Baca Juga: Penunjukan Sahroni Jadi Ketua Formula E Dinilai Kental Muatan Politis

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya