Comscore Tracker

Ini 5 Profil Rahayu Saraswati, Keponakan Prabowo Subianto

Namanya sempat disebut bakal gantikan Sandiaga

Jakarta, IDN Times – Majunya Sandiaga Uno dalam Pilpres 2019 sebagai calon wakil presiden mendampingi Prabowo Subianto, membuat kursi wakil Gubernur DKI Jakarta kosong. 

Beberapa nama kandidat pengganti Sandiaga pun mulai bermunculan, salah satunya adalah Rahayu Saraswati Djojohadikusumo. Hmm..sebenarnya siapa wanita yang akrab disapa Sara ini?  

1. Keponakan Prabowo Subianto

Ini 5 Profil Rahayu Saraswati, Keponakan Prabowo SubiantoInstagram.com/@rahayusaraswati

Rahayu Saraswati lahir di Jakarta pada 27 Januari 1986. Sara merupakan anak Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Hashim Djojohadikusumo dan keponakan Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto. Nama Sara lebih dikenal lewat perannya dalam berbagai film, seperti Merah Putih dan Gunung Emas Almayer.

Baca Juga: Prabowo Setuju Saksi Partai Politik Saat Pemilu Dibiayai Negara

2. Mengawali karier menjadi artis

Ini 5 Profil Rahayu Saraswati, Keponakan Prabowo SubiantoInstagram.com/@rahayusaraswati

Sebelumnya Sara merupakan seorang artis, presenter, dan sosialita. Ketertarikannya pada industri perfilman berawal dari terpilihnya Sara menjadi pemeran utama pada audisi klub drama sekolahnya di Singapura. Untuk menunjang kariernya, Sara pun mengambil kursus akting di London setelah menamatkan sekolahnya.

3. Anggota DPR Komisi VIII

Ini 5 Profil Rahayu Saraswati, Keponakan Prabowo SubiantoInstagram.com/@raharyusaraswati

Mengawali karier politik melalui organisasi sayap partai gerindra (TUNAS), Sara menjabat sebagai kepala bidang pengembangan. Di organisasi ini, yang kemudian membuatnya akrab dengan urusan politik hingga pada 2014 Sara mencalonkan diri sebagai Caleg DPR RI. Pada masa kerja 2014-2019, Sara mendapat tugas di Komisi VIII yang membidangi Agama, Sosial, Pemberdayaan Perempuan.

4. Pendiri Yayasan Parinama Astha

Ini 5 Profil Rahayu Saraswati, Keponakan Prabowo SubiantoInstagram.com/@rahayusaraswati

Sara juga dikenal lewat aktifitasnya melawan perjual-belian orang lewat Freedom for Indonesia. Yayasan ini bergerak di bidang sosial untuk memerangi kejahatan penyelundupan manusia, isu yang cukup sering jadi pembahasannya di DPR. 

Cara mereka memerangi kejahatan ini cukup unik. Beberapa di antaranya, mengajak masyarakat berdonasi, menggelar event, membagikan video di YouTube channel, dan sebagainya. Mereka juga sering mengadakan lelang outfit yang dananya akan disumbangkan untuk gerakan-gerakan LSM ini.

5. Pejabat sekaligus sosialita

Ini 5 Profil Rahayu Saraswati, Keponakan Prabowo SubiantoInstagram.com/@rahayusaraswati

Terkenal aktif dalam dunia hiburan, gak heran kalau Rahayu Saraswati sering tampil modis dan aktif di media sosial. Ibu dua orang anak ini juga sering menunjukkan aktivitas politiknya hingga kehidupan pribadinya di akun pribadi instagramnya, lho.

Baca Juga: Pendukung Prabowo-Sandiaga Menurun dari Kalangan Menengah ke Atas?

Topic:

  • Dwi Agustiar
  • Sunariyah

Just For You