Comscore Tracker

Pemkab Kediri Tanggung Biaya Pendidikan Putra Awak KRI Nanggala-402

Bupati Kediri kunjungi orang tua awak KRI Nanggala 402

Kediri, IDN Times - Suasana duka sangat terasa di rumah orang tua Serda Lis Edi Wibowo, di Desa Ngadiluwih, Kecamatan Ngadiluwih, Kabupaten Kediri. Serda Lis Edi Wibowo sendiri merupakan salah satu awak KRI Nanggala 402, yang dinyatakan tenggelam di Selat Bali.

Bupati Kediri, Hanindhto Himawan Pramana, mendatangi rumah tersebut untuk mengucapkan bela sungkawa. Di hadapan ibu Serda Lis Edi Wibowo, Trismiati, Mas Dhito berjanji akan menanggung seluruh biaya pendidikan anak almarhum, hingga jenjang perguruan tinggi.

1. Terakhir berkomunikasi sebelum berangkat menyelam

Pemkab Kediri Tanggung Biaya Pendidikan Putra Awak KRI Nanggala-402Keluarga awak KRI Nanggala 402 asal Kediri. IDN Times / istimewa

Trismiati menuturkan, Serda Lis Edi Wibowo merupakan anak bungsu dari empat bersaudara. Prajurit yang dikenal ramah itu bertugas di bagian kelistrikan KRI Nanggala-402. Sebelum dinyatakan hilang, Kresmiati terakhir kontak dengan anaknya pada Senin (19/4/2021) lalu.

Dalam komunikasi tersebut, almarhum pamit hendak bertugas. Selama bertugas, almarhum selalu berpamitan ke ibunda jika hendak berangkat. "Terakhir kontak Senin lalu. Dia pamit mau menyelam. Dia mohon doa restu," ujarnya, Selasa (27/4/2021)

Baca Juga: Bupati Jombang Doakan Kru KRI Nanggala-402 Mati Syahid

2. Setelah menikah tinggal di Sidoarjo

Pemkab Kediri Tanggung Biaya Pendidikan Putra Awak KRI Nanggala-402KRI Nanggala 402 yang dinyatakan tenggelam di selat bali. IDN Times/ istimewa

Trismiati mengatakan, almarhum sendiri tak lagi tinggal bersamanya. Sejak menikah, ia memilih pindah ke Sidoarjo. "Meski sudah berkeluarga dan tinggal di Sidoarjo, namun Edi masih sering pulang menjenguk saya," tuturnya.

Menurut dia, almarhum meninggalkan seorang istri dan dua orang anak. Keduanya masing-masing duduk di bangku SD dan SMP. 

3. Tinggalkan dua orang anak, Pemkab siap tanggung biaya pendidikan

Pemkab Kediri Tanggung Biaya Pendidikan Putra Awak KRI Nanggala-402Bupati Kediri, Hanindhito Himawan Pramana saat berkunjung ke rumah keluarga KRI Nanggala 402. IDN Times/ istimewa

Sementara itu, Mas Dhito menjanjikan beasiswa untuk putra Serda Edi hingga perguruan tinggi. Meskipun status kependudukannya tercatat di Kecamatan Krian, Sidoarjo, pihak Pemkab Kediri tetap akan menanggung kebutuhan kedua anak almarhum.

Menurutnya ini merupakan kewajiban pemerintah tanpa harus melihat status kependudukan. " Maka kewajiban dari pemerintah kalau terjadi apa-apa harus mengcover atau mencukupi apa yang menjadi kebutuhan keluarga. Tadi saya tanyakan apakah punya anak punya istri apakah sudah berkeluarga atau belum, ternyata sudah berada di Sidoarjo dan saya minta data anaknya. Supaya apa, supaya bisa kita cover sampai ke perguruan tinggi," pungkasnya.

Baca Juga: Kisah Serda ED Pandu yang Kerap Tinggalkan Istri Demi KRI Nanggala 402

Bramanta Pamungkas Photo Verified Writer Bramanta Pamungkas

peternak huruf

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya