Comscore Tracker

Kerja Sama Lawan COVID-19, Singapura Beri Bantuan Medis ke Indonesia

Singapura mengirimkan alat deteksi dan pelindung 

Jakarta, IDN Times - Dalam rangka bekerja sama melawan virus corona COVID-19, Singapura memberikan bantuan kepada Indonesia. Sebelumnya, telah terjadi pertemuan antara Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Long dan Presiden Joko Widodo. Keduanya membahas tentang penguatan kolaborasi antara Singapura dan Indonesia untuk mengatasi COVID-19.

Pemerintah Singapura mengirimkan alat-alat medis untuk mendeteksi COVID-19 dan peralatan pelindung untuk tenaga medis di Indonesia. Bantuan diserahkan oleh Duta Besar Singapura untuk Indonesia Anil Nayar kepada Menteri Dalam Negeri Indonesia Tito Karnavian pada Jumat (3/4).

Baca Juga: Demi Tekan COVID-19, Singapura Tutup Semua Sekolah dan Mayoritas Usaha

1. Singapura dan Indonesia sepakat untuk bekerja sama menanggulangi COVID-19

Kerja Sama Lawan COVID-19, Singapura Beri Bantuan Medis ke IndonesiaSingapura beri bantuan untuk tangani COVID-19 di Indonesia (Dok. Puspen Kemendagri)

Pemerintah Singapura memberikan bantuan kepada Indonesia dalam rangka penanganan COVID-19. Pemerintah Singapura dan Indonesia juga telah sepakat untuk bekerja sama  menangani COVID-19.

Selain dengan Indonesia, Singapura juga bekerja sama dengan negara lain termasuk Ghana, Liechtenstein, Norwegia, dan Swiss. Kerja sama itu bertujuan untuk mengedepankan resolusi solidaritas global untuk melawan COVID-19. Negara-negara tersebut dinaungi oleh Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa.

2. Bantuan akan didistribusikan ke Jakarta, Kepulauan Riau, dan Sumatera Utara

Kerja Sama Lawan COVID-19, Singapura Beri Bantuan Medis ke IndonesiaSingapura beri bantuan untuk tangani COVID-19 di Indonesia (Dok. Puspen Kemendagri)

Hingga kini, Pemerintah Singapura telah mengirimkan total 30.000 alat diagnostik dan lima mesin Polymerase Chain Reaction (PCR) untuk mendeteksi COVID-19. Selain itu, Singapura juga memberikan 1.050 set peralatan pelindung pribadi, 100 media transportasi viral, dan empat pemindai termal.

Bantuan tersebut diserahkan oleh Duta Besar Singapura untuk Indonesia Anil Nayar, kepada Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian yang mewakili Pemerintah Indonesia. Rencananya bantuan tersebut akan didistribusikan ke Jakarta, Kepulauan Riau, dan Sumatera Utara.

3. Singapura dan Indonesia sama-sama memiliki lebih dari 1.000 kasus COVID-19

Kerja Sama Lawan COVID-19, Singapura Beri Bantuan Medis ke IndonesiaSingapura beri bantuan untuk tangani COVID-19 di Indonesia (Dok. Puspen Kemendagri)

Terdapat lebih dari 1.000 kasus COVID-19 yang terkonfirmasi di Singapura. Meski jumlah kasus melebihi 1.000, tetapi angka kematian akibat COVID-19 di Singapura rendah. Tercatat lima orang meninggal dunia dan 282 orang sembuh.

Berbeda dengan Singapura, Indonesia memiliki kasus COVID-19 yang lebih banyak, bahkan hampir menyentuh angka 2.000. 

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona COVID-19 Achmad Yurianto mengatakan, kasus positif virus corona di Indonesia per Jumat (4/3) pukul 12.00 WIB, telah mencapai 1.986 kasus. 

"Bertambah 196 orang, jumlah positif menjadi 1.986," kata Yuri dalam keterangan persnya yang disiarkan langsung di channel BNPB Indonesia, Jumat.

Baca Juga: [BREAKING] Pasien Virus Corona yang Meninggal di Indonesia Kini 181 Orang

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya