Milenial Indonesia Habiskan 1-6 Jam di Media Sosial

Hasil laporan East Ventures-Digital Competitiveness Index

Jakarta, IDN Times - Generasi milenial di Indonesia diketahui menghabiskan waktu sekitar 1-6 jam di media sosial setiap hari. 

Hal tersebut berdasarkan laporan tahunan East Ventures-Digital Competitiveness Index 2023, sebuah laporan yang mengukur daya saing digital masyarakat Indonesia di seluruh provinsi. Laporan itu dimuat dalam Indonesia Millennial and Gen-Z Report 2024 by IDN Media.

Sebanyak 12 persen responden mengaku menggunakan media sosial kurang dari satu jam setiap harinya.

“Pengguna aktif mengaku menggunakan media sosial selama 6–10 jam atau 8 persen dan bahkan lebih dari 10 jam atau 3 persen,” demikian laporan tersebut, dikutip Rabu (22/11/2023)

Hal ini pun disebut sebagai chronically online atau online kronis. Penggunaan media sosial dalam platform digital ini berkembang pesat terlebih sejak pandemik COVID-19.

Baca Juga: Simak! Ini Risiko Pelanggaran Pemilu di Media Sosial

1. Digitalisasi di Indonesia sudah setara di semua provinsi

Milenial Indonesia Habiskan 1-6 Jam di Media SosialSurvei East Ventures – Digital Competitiveness Index 2023.

Laporan tersebut juga menunjukkan, adopsi digital atau digitalisasi di Indonesia sudah lebih setara di seluruh provinsi di Tanah Air, kecuali provinsi baru. Hal itu telah dipetakan selama 4 tahun berturut-turut.

Selain itu, adopsi digital di Indonesia juga terus menunjukkan hasil yang cenderung positif dengan hasil tersebut di atas.

Baca Juga: 6 Manfaat Rehat Media Sosial bagi Kesehatan Fisik dan Mental

2. Fungsi media sosial yang digunakan

Milenial Indonesia Habiskan 1-6 Jam di Media SosialIndonesian Milennial Report 2024

Dalam laporan itu pula disebutkan, hampir sepertiga responden menggunakan media sosial untuk mengakses berita dan memperoleh informasi baru. 

Kemudian, 13 persen responden di antaranya memanfaatkan media sosial untuk menjaga persahabatan dan koneksi serta 5 persen responden hanya menggunakan media sosial untuk mengikuti influencer. 

“Namun, mayoritas, yang mencakup lebih dari separuh responden ini terlibat dalam semua aktivitas di media sosial. Hasil survei kami, mengungkapkan penggunaan media sosial yang luas dan aktivitas yang beragam,” ujar laporan itu.

Baca Juga: 5 Alasan Media Sosial Bisa Menghambatmu Membaca Lebih Banyak Buku

3. Media sosial telah berevolusi

Milenial Indonesia Habiskan 1-6 Jam di Media Sosialilustrasi sosmed (pexels.com/TracyLeBlanc)

Adapun kesimpulan atas laporan tersebut, apapun platform spesifiknya telah berevolusi menjadi platform multiguna bagi generasi milenial Indonesia. 

“Layanan online ini berperan sebagai pelarian dari tuntutan rumah, pekerjaan, dan tanggung jawab lainnya,” ujar laporan itu.

Generasi milenial juga kerap memanfaatkan media sosial sebagai wadah untuk mengekspresikan pandangan politik, kekhawatiran, dan mengkritik tindakan pemerintah.

4. Media sosial berperan sebagai mesin pencari

Milenial Indonesia Habiskan 1-6 Jam di Media SosialIlustrasi Instagram (IDN Times/Aditya Pratama)

Laporan IMR 2024 menyebut, hasil survei dari laporan itu juga selaras dengan pernyataan Wakil Presiden Senior Google, Prabhakar Raghavan. Raghavan mengatakan, media sosial juga berperan sebagai mesin pencari bagi para pengguna generasi muda. Hal itu mencerminkan kegunaannya yang beragam dalam kehidupan mereka. 

Ragavhan menunjukkan temuan itu di antara pengguna Gen Z berusia 18 hingga 24 tahun di Amerika Serikat. Sebanyak 40 persen di antaranya menggunakan platform seperti TikTok dan Instagram untuk menemukan tempat makan siang. Hal tersebut bahkan melewati  pecarian tradisional seperti Google atau Google Maps. 

Fenomena tersebut menunjukkan adanya pengaruh besar media sosial dalam membentukperilaku generasi muda dalam mencari informasi. Media sosial terus berkembang dan mengintegrasikan berbagai fungsi untuk memperkuat statusnya sebagai ranah digital, tidak hanya komunikasi. 

“Ini telah menjadi ruang dinamis bagi generasi milenial Indonesia untuk bersantai, terhubung, bereksplorasi, dan menjadikannya bagian integral dari kehidupan sehari-hari dan pengalaman digital mereka,” ucap dia.

IDN Media menggelar Indonesia Millennial and Gen-Z Summit (IMGS) 2023, sebuah konferensi independen yang khusus diselenggarakan untuk dan melibatkan generasi Milenial dan Gen Z di Tanah Air. Dengan tema Purposeful Progress, IMGS 2023 bertujuan membentuk dan membangun masa depan Indonesia dengan menyatukan para pemimpin dan tokoh nasional dari seluruh nusantara.

IMGS 2023 diadakan pada 24 - 26 November 2023 di Pulau Satu dan Dome Senayan Park, Jakarta. Dalam IMGS 2023, IDN Media juga meluncurkan Indonesia Millennial and Gen-Z Report 2024.

Survei ini dikerjakan oleh IDN Research Institute bekerja sama dengan Advisia sebagai Research Partner. Melalui survei ini, IDN Media menggali aspirasi dan DNA Milenial dan Gen Z Indonesia.

Baca Juga: 7 Cara Gen Z Memanfaatkan Media Sosial dengan Bijak dan Positif

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya