Respons TNI-Polri soal Perkelahian Anggota TNI AL dan Brimob di Papua

Kedua pihak tengah bermediasi

Jakarta, IDN Times - TNI dan Polri merespons soal peristiwa perkelahian yang berujung bentrok antara anggota TNI Angkatan Laut (AL) dengan anggota Brimob di Pelabuhan Sorong, Papua.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen Pol Trunoyudo Wisnu Andiko, mengatakan, TNI dan Polri telah berkomunikasi untuk menyelesaikan perselisihan tersebut.

"Polri dan TNI selalu dan harus bersinergi dalam melakukan kegiatan, tentu antar-pimpinan atau komandan wilayah Polda Papua Barat dan TNI telah bertemu untuk komunikasi dan menyelesaikan persoalan tersebut dengan baik," katanya dikutip dari ANTARA, Minggu (14/4/2024).

Baca Juga: Kronologi Bentrokan TNI AL dan Brimob di Papua 

1. Sudah lakukan mediasi

Respons TNI-Polri soal Perkelahian Anggota TNI AL dan Brimob di PapuaBentrok TNI Al dan Brimob di Pelabuhan Sorong, Minggu (14/4/2024)/ dok

Sementara itu, Kepala Pusat Penerangan Mabes TNI, Mayjen TNI Nugraha Gumilar, mengatakan, para pimpinan di masing-masing institusi, yakni pihak TNI AL dan Brimob Polda Papua Barat tengah mengendalikan anak buahnya dan melakukan mediasi.

"Tindakan yang dilakukan masing-masing pimpinan mengendalikan anak buahnya dan melakukan mediasi," kata dia.

Baca Juga: Sebut Jet Tempur TNI Lepas Bom, Pilot Susi Air Disandera OPM Terancam

2. Perkelahian disebut bermula dari teguran anggota Brimob

Respons TNI-Polri soal Perkelahian Anggota TNI AL dan Brimob di Papua42 orang anggota Brimob dari Batalyon C diturunkan untuk membantu Polres Inhu meredam massa yang sedang bentrok (IDN Times/ Fanny Rizano)

Menurut Gumilar, peristiwa perkelahian itu terjadi di pintu masuk ruang tunggu keberangkatan Kantor Pelindo IV Sorong, Provinsi Papua Barat Daya, pukul 09.30 WIT yang diawali dengan teguran anggota Brimob Polda Papua Barat kepada anggota TNI AL Marhanlan XIV /Sorong.

Teguran itu berujung salah paham sehingga keduanya berkelahi. Perkelahian itu kemudian melibatkan rekan masing-masing sehingga bentrokan pun tak dapat terhindarkan. Akibatnya, lima orang terluka.

3. TNI-Polri berjaga di lokasi

Respons TNI-Polri soal Perkelahian Anggota TNI AL dan Brimob di PapuaRatusan polisi diterjunkan menjaga objek wisata saat libur lebaran di Mataram. (dok. Istimewa)

Saat ini, pihak TNI dan Polri menjaga di lokasi kejadian. Hal itu dilakukan untuk mencegah munculnya bentrokan susulan dari pihak yang tengah bersitegang.

"Saat ini kami melaksanakan patroli bersama sebagai tindakan preventif agar tidak terprovokasi dengan kejadian tersebut," ujar Gumilar.

Baca Juga: TNI Bantah Kodim Deiyai Diserang Saat Jenazah Danramil Disemayamkan

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya