Siap-siap! Pemkot Jakut Gelar Pasar Murah di Tiap Kelurahan pada 2023

Ada 31 kelurahan di Jakarta Utara yang gelar pasar murah

Jakarta, IDN Times - Sebanyak 31 kelurahan di Jakarta Utara akan menggelar pasar murah pada tahun 2023. Wali Kota Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim, mengatakan, pihaknya berkolaborasi dengan PD Pasar Jaya untuk melakukan kegiatan tersebut.

"Kami melakukan koordinasi dengan PD Pasar Jaya untuk pelaksanaan pasar murah yang akan dilaksanakan tahun 2023 di seluruh kelurahan Jakarta Utara atau 31 kelurahan," kata Ali dikutip dari siaran pers, Selasa (27/12/2022).

Baca Juga: Hadapi Musim Hujan, SDA Penjaringan Jakut Perbaiki Drainase

1. Kendalikan inflasi daerah

Siap-siap! Pemkot Jakut Gelar Pasar Murah di Tiap Kelurahan pada 2023Ilustrasi Inflasi. IDN Times/Arief Rahmat

Ali mengatakan, gelaran pasar murah itu dilakukan dalam rangka pengendalian inflasi daerah. Sebab, salah satu pengendalian inflasi yang dapat dilakukan adalah dengan menyediakan pangan berharga murah.

"Pengendalian inflasi daerah dengan ketersediaan pangan murah, kestabilan harga, dan ketersediaan sembako untuk masyarakat," kata Ali.

Baca Juga: Tanggul Laut Bocor, Wali Kota Jakut Sebut Tak Ganggu Permukiman Warga

2. Pasar murah digelar di satu lokasi tiap kelurahan

Siap-siap! Pemkot Jakut Gelar Pasar Murah di Tiap Kelurahan pada 2023Walikota Kota Administrasi Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim mengapresiasi Lions Club yang telah melaksanakan kegiatan World Cleanup Days 2022, Sabtu (17/9/2022). (Dok. KOMINFOTIK JU).

Ali mengatakan, pihaknya akan segera melakukan penjadwalan kegiatan pasar murah tersebut. Nantinya, setiap kelurahan akan mendapatkan kesempatan untuk mengusulkan satu lokasi pelaksanaan pasar murah.

"Khususnya yang dekat dengan lingkungan masyarakat termasuk bagaimana mempublikasikannya," kata dia.

Baca Juga: Pasar Murah Hingga Operasi Pasar, Taktik Pemkot Tekan Angka Inflasi

3. Masyarakat harus memanfaatkan pasar murah

Siap-siap! Pemkot Jakut Gelar Pasar Murah di Tiap Kelurahan pada 2023Warga mengantre saat membeli minyak goreng yang dijual di operasi pasar murah di Palu, Sulawesi Tengah, Selasa (15/3/2022). (ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah)

Ali pun berharap agar masyarakat dapat memanfaatkan adanya pasar murah tersebut dengan sebaik-baiknya.

"Karena barang-barang yang ditawarkan nanti, akan jauh lebih murah ketimbang harga yang berada di pasar-pasar biasanya," ucapnya.

Baca Juga: Pengertian Perakunan Inflasi dan Metodenya

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya