Comscore Tracker

Waduk Pluit Jadi Lokasi Utama Gelaran Festival Pesisir 2022  

Festival Pesisir terakhir kali digelar di Ancol tahun 2018

Jakarta, IDN Times - Kawasan Waduk Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara akan menjadi lokasi utama penyelenggaraan Festival Pesisir 2022 yang akan segera digelar Minggu (25/9/2022) nanti.

Sekretaris Kota Jakarta Utara, Abdul Khalit, mengatakan, kegiatan Festival Pesisir di Waduk Pluit tersebut akan dirangkai dengan kegiatan Grebeg Lumpur dan Bersih-Bersih Waduk.

"Dijadwalkan, event kolaborasi Jakarta Utara tersebut akan berlangsung pada Minggu mendatang," kata Khalit, dikutip dari siaran pers, Jumat (23/9/2022).

Baca Juga: Sempat Vakum, Festival Pesisir 2022 di Jakarta Utara Digelar Lagi

1. Festival Pesisir kegiatan historikal

Waduk Pluit Jadi Lokasi Utama Gelaran Festival Pesisir 2022  Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria meninjau ngerjaan tanggul rob atau tanggul pantai National Capital Integrated Coastal Development (NCICD), di Caping Beam Tanggul Muara BKB, Jakarta Utara dan pengerukan lumpur di Waduk Pluit, Jakarta Utara, Minggu (26/12/2021) (Dok. Pemprov DKI Jakarta)

Khalit mengatakan, kegiatan Festival Pesisir merupakan kegiatan bersejarah atau historikal karena sudah digelar cukup lama.

Event tersebut mulai digelar pada tahun 2009 dan terakhir digelar pada 2018 di Ancol sampai akhirnya sempat vakum karena pandemik COVID-19.

"Festival Pesisir merupakan salah satu kegiatan historikal yang panjang dan dimulai dari tahun 2009. Terakhir kali diadakan pada tahun 2018 di Ancol kemudian sempat vakum dan akan diselenggarakan lagi tahun 2022," kata dia.

Baca Juga: Wisata Edukasi Sadar Sampah di Jakut Resmi Dicanangkan

2. Hajatan kota Jakarta Utara

Waduk Pluit Jadi Lokasi Utama Gelaran Festival Pesisir 2022  Kampung Marunda Rumah Si Pitung (mitramuseumjakarta.org)

Menurut Khalit, kegiatan Festival Pesisir juga merupakan kegiatan hajatan Kota Jakarta Utara.

Pihaknya mengerahkan seluruh potensi yang ada dan berkolaborasi untuk menyukseskan acara tersebut.

"Sejumlah UKPD di lingkungan Pemerintah Kota Jakarta Utara akan berpartisipasi dengan menampilkan booth pameran yang menarik dan mewakili lingkup kerjanya," ujarnya.

Baca Juga: Wisata Hukum Hadir di Jakut, Ajak Milenial Melek Hukum

3. Ragam acara menarik hadir di Festival Pesisir 2022

Waduk Pluit Jadi Lokasi Utama Gelaran Festival Pesisir 2022  Suasana Danau Sunter, Jakarta Utara (IDN Times/Besse Fadhilah)

Adapun beberapa rangkaian kegiatan Festival Pesisir 2022 yang akan digelar antara lain atraksi perahu naga, pameran, lomba layang-layang, lomba dekorasi booth, hiburan musik, fashion show, bazar produk UMKM, dan masih banyak lagi.

Rencananya, ada 80 booth yang disiapkan dan akan diisi oleh UKPD, asosiasi, BUMD, komunitas, JakPreneur, dan sebagainya.

Baca Juga: Kreatif! Kelurahan di Jakut Kompak Hiasi Wilayahnya dengan Seni Mural

Topic:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya