Anies Takziah ke Kediaman Habib Hasan di Majelis Nurul Mustofa Depok

Anies kehilangan sosok Habib Hasan

Depok, IDN Times - Kabar meninggalnya Pembina Majelis Taklim Nurul Mustofa, Habib Hasan bin Jafar Assegaf, sampai di telinga mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Usai mendengar kabar tersebut, Anies mendatangi kediaman Habib Hasan dan bertemu dengan keluarganya.

Berdasarkan pantauan IDN Times di lokasi, Anies sempat mendoakan dan menemui keluarga besar Habib Hasan. Saat keluar rumah, Anies ditemani adik kandung Habib Hasan, Habib Abdullah bin Jafar Assegaf.

Di hadapan awak media, Anies mengaku mendengar kabar wafatnya Habib Hasan Bin Jafar Assegaf, yang diyakini meninggal dalam keadaan husnul khatimah. Habib Hasan yang diketahui tengah berpuasa Ramadan meninggal karena tidak sakit, tetapi setelah melaksanakan salat duha dan hataman Al-Qur'an bersama muridnya.

"Paginya mengkhatamkan Al-Quran bersama murid-muridnya, lalu berpulang begitu tenang," ujar Anies kepada IDN Times, Rabu (13/3/2024).

Baca Juga: Innalilahi, Habib Hasan bin Ja'far Meninggal Dunia Usai Salat Dhuha

1. Anies menilai dakwah Habib Hasan memberikan keteladanan

Anies Takziah ke Kediaman Habib Hasan di Majelis Nurul Mustofa DepokAnies Baswedan mendatangi kedaiaman Almarhum Habib Hasan bin Jafar Assegaf di komplek Masjid Nurul Mustofa, Cilodong, Depok. (IDNTimes/Dicky)

Menurut Anies, Habib Hasan memiliki murid hingga puluhan ribu, saleh, serta beramal jariyah yang tidak terbatas, sehingga patut menjadi teladan bagi umat muslim.

"Keteladanannya menjadi pegangan bagi kita semua," tutur capres nomor urut satu pada Pilpres 2024 itu.

Anies sempat berpesan kepada adik dan anak Habib Hasan, agar meneruskan amal baiknya. Majelis Nurul Musthofa harus terus dibesarkan sehingga bermanfaat bagi umat muslim di dalam maupun luar negeri.

"Kita semua merasakan atas kegiatan dakwahnya, insyaallah itu semua menjadi tauladan bagi kita untuk meneruskannya," katanya.

2. Habib Hasan memiliki pribadi yang santun dan lembut

Anies Takziah ke Kediaman Habib Hasan di Majelis Nurul Mustofa DepokRatusan warga muslim melayat untuk mendoakan Habib Hasan di kediamannya, kompleks Masjid Nurul Mustofa, Cilodong, Depok. (IDN Times/Dicky)

Anies menyakini Habib Hasan akan ditinggikan derajatnya di sisi Allah SWT. Dia mendoakan agar semua amal baiknya dilipatgandakan, serta ada penerus dakwahnya kelak. 

"Masyaallah luar biasa, secara pribadi, beliau pribadi yang sangat mulia, yang halus, yang lembut, yang selalu menyapa semua dan memberikan rasa kasih kepada anak muda di Jakarta ini, merasakan betul kajian almarhum," ungkap dia.

Baca Juga: Habib Hasan bin Ja'far Umar Assegaf Dimakamkan Besok

3. Kerap memberikan pesan kebaikan dan mampu menyentuh hati anak muda

Anies Takziah ke Kediaman Habib Hasan di Majelis Nurul Mustofa DepokRatusan warga muslim melayat untuk mendoakan almarhum Habib Hasan di kediamannya komplek Masjid Nurul Mustofa, Cilodong, Depok. (IDNTimes/Dicky)

Anies mengaku merasa kehilangan saat mendengar Habib Hasan meninggal dunia, namun ia menyakini adik maupun keturunan dari Habib Hasan akan meneruskan kegiatan dakwahnya melalui Majelis Nurul Mustofa. Menurutnya, Habib Hasan selalu memberikan pesan kebaikan di manapun dan kepada siapa pun.

"Saya melihat apa yang beliau kerjakan, khususnya menjangkau anak-anak muda di Jakarta itu luar biasa, tidak banyak yang bisa menjangkau anak-anak muda, kalau menjangkau mereka-mereka yang berumur itu banyak yang mengerjakan. Tapi yang bisa dakwah ke anak-anak muda beliau, jadi apa yang beliau kerjakan mudah-mudahan bisa diteruskan," tutup Anies.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya