Nilai Perputaran Uang Hewan Kurban di Kota Depok Capai Rp250 Miliar

Hewan kurban di Kota Depok mengalami peningkatan

Depok, IDNTimes - Pemerintah Kota Depok telah melakukan pemantauan dan penghitungan hewan kurban selama perayaan Idul Adha 1444 Hijriah. Tercatat, hewan kurban di Kota Depok mencapai 23.207 ekor dengan perputaran nilai uang di dalamnya adalah Rp250 miliar.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Depok, Widyati Riyandani, mengatakan, DKP3 Kota Depok telah melakukan monitoring untuk melihat dan mencatat hewan kurban di Kota Depok selama perayaan Idul Adha. Hasilnya, jumlah hewan kurban meningkat dibandingkan tahun lalu. 

“Tahun ini totalnya mencapai 23.207 ekor, sedangkan tahun lalu 22.228 ekor,” ujar Widyati, Kamis (6/7/2023).

Baca Juga: Petugas Linmas di Depok Ditusuk Usai Tegur Preman Palak Pedagang

1. Hewan kurban disembelih di 1.247 lokasi pemotongan

Nilai Perputaran Uang Hewan Kurban di Kota Depok Capai Rp250 MiliarPenyembelihan hewan kurban di kantor Kecamatan Cipayung, Kota Depok. (Istimewa)

Widyati menuturkan, sebanyak 23.207 ekor hewan kurban itu terdiri dari 6.888 ekor sapi, 14.487 ekor kambing, 1.823 ekor domba, dan 8 ekor kerbau. Apabila dikonversi dalam bentuk rupiah, totalnya mencapai sekitar Rp250 miliar.

“Jika dirupiahkan kurang lebih Rp250.237.000.000, perputaran untuk hewan kurban tahun 2023,” tutur Widyati.

DKP3 Kota Depok menganggap jumlah hewan kurban tersebut telah mencukupi kebutuhan kurban masyarakat Kota Depok. Hewan kurban itu disembelih di 1.247 tempat pemotongan hewan.

“Pemotongan hewan kurban dilaksanakan di Dewan Kemakmuran Masjid yang berada di Kota Depok dan satu RPH di Kecamatan Tapos,” terang Widyati.

Baca Juga: Polda Metro Tangkap Suami Tersangka KDRT di Depok, Langsung Ditahan

2. Sebanyak 4.928 ekor hewan kurban diperiksa kesehatannya

Nilai Perputaran Uang Hewan Kurban di Kota Depok Capai Rp250 MiliarPetugas kesehatan hewan DKP3 Kota Depok melakukan pemeriksaan pencegahan PMK terhadap hewan ternak. (Dokumentasi DKP3 Kota Depok)

Sementara itu, Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan DKP3 Kota Depok, Dede Zuraida, menjelaskan, sebanyak 4.928 ekor hewan kurban di Kota Depok telah diperiksa kesehatannya.

“Selama tanggal 28 sampai 30 Juni 2023 hewan kurban yang diperiksa kesehatan mencapai 4.928 ekor,” jelas Dede.

Hewan kurban yang mendapatkan pemeriksaan kesehatan meliputi 1.447 ekor sapi, 2.812 ekor kambing, 663 ekor domba, dan 6 ekor kerbau. Hasilnya, sebagian besar hewan kurban di Kota Depok pun dinyatakan sehat untuk disembelih.

“Kami melakukan ante mortem di 146 lokasi, sebagian besar layak kurban dan sehat,” kata Dede.

Baca Juga: Ribuan Hewan di Depok Belum Layak Kurban, Ditemukan Gejala LSD-PMK

3. Sebanyak 14 ekor gejala PMK dan 4 ekor gejala LSD

Nilai Perputaran Uang Hewan Kurban di Kota Depok Capai Rp250 MiliarPetugas DKP3 Kota Depok melakukan pemeriksaan terhadap hewan ternak di Kota Depok. (Istimewa)

Dede mengungkapkansaat melakukan pemeriksaan kesehatan pihaknya menemukan hewan dengan gejala sakit ringan sebanyak 112 ekor dan tidak layak kurban 109 ekor. Pihaknya juga menemukan hewan kurban bergejala Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) sebanyak 14 ekor dan bergejala Lumpy Skin Disease (LSD) sebanyak 4 ekor.

“Hasil pemeriksaan post mortem di 127 lokasi, sebagian besar tidak ditemukan kelainan pada organ, temuan kelainan post mortem sebanyak 100 ekor,” ungkap Dede.

Dede menambahkan, seluruh hewan kurban yang mengalami kelainan, telah ditangani. Pihaknya juga memastikan hewan yang telah disembelih aman untuk dikonsumsi masyarakat.

“Kami memastikan yang sudah terpotong dinyatakan aman dan sudah layak konsumsi untuk masyarakat,” ucap Dede.

Baca Juga: Jumlah Hewan Kurban di Sleman Turun Tahun Ini Imbas PMK

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya