Petugas Linmas di Depok Ditusuk Usai Tegur Preman Palak Pedagang

Korban menegur pelaku yang memalak pedagang

Depok, IDN Times - Kurniawan (38), petugas linmas di RW 7, Kelurahan Kemirimuka, Kota Depok, terkapar usai ditusuk preman berinisial K yang memalak pedagang di Pasar Kemirimuka, Selasa (4/7/2023) malam. Kurniawan menjadi korban penusukan usai menegur aksi pelaku.

Kepala UPT Pasar Kemirimuka, Budi Setiyanto, mengatakan, meskipun korban seorang linmas, akan tetapi dia bukan petugas keamanan Pasar Kemirimuka. Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 20.00 WIB di Pos Tibsar Pasar Kemirimuka.

"Kejadiannya saja dekat pasar, tapi di luar tanggung jawab pasar. Korban pun bukan keamanan Pasar Kemirimuka," ujar Budi saat dihubungi IDN Times, Rabu (5/7/2023).

Baca Juga: Janjian Tawuran di Medsos, 2 Gengster di Depok Berhasil Digagalkan

1. Pelaku memalak pedagang menggunakan celurit

Petugas Linmas di Depok Ditusuk Usai Tegur Preman Palak PedagangIlustrasi pemalakan (IDN Times/Aditya Pratama)

Budi menuturkan, berdasarkan informasi yang didapat, pelaku melakukan pemalakan kepada tukang nasi goreng dan rokok di Gang Swadaya RW 7. Pelaku melakukan aksinya dengan membawa senjata tajam yang diduga digunakan untuk mengancam pedagang.

"Pelaku memalak pedagang menggunakan celurit," tutur Budi.

Merasa mejadi korban pemalakan, pedagang pun melaporkan kejadian yang dialaminya kepada korban yang merupakan petugas linmas setempat. Mendapatkan aduan tersebut, korban pun berusaha mencari pelaku.

"Korban ini langsung mencari pelaku, niatnya ingin menasehati pelaku yang memalak pedagang," terang Budi.

Baca Juga: Relokasi 5 Rumah Korban Longsor di Depok, Pemkot Tunggu KemenPUPR

2. Pelaku dalam kondisi mabuk

Petugas Linmas di Depok Ditusuk Usai Tegur Preman Palak PedagangIlustrasi perkelahian, IDN Times/Sukma Shakti

Budi mengungkapkan, setelah mencari, korban akhirnya berhasil menemukan pelaku di depan kantor Pos Tibsar Pasar Kemirimuka. Korban pun langsung menasehati pelaku.

"Korban menasehati pelaku untuk tidak melakukan pemalakan di sekitar wilayah RW 7," kata Budi.

Kesal mendapat teguran dan nasehat dari korban, pelaku yang sedang berada di bawah pengaruh minuman beralkohol langsung menusuk korban. Korban ditusuk pelaku yang sedang mabuk menggunakan pisau sehingga terluka di bagian tubuhnya.

"Korban yang mendapatkan luka tusuk akhirnya terjatuh dan pelaku kabur menggunakan sepeda motor ke arah Jalan Raya Margonda," terang Budi.

Baca Juga: Pemkot Depok Kucurkan Rp27,5 Miliar untuk Pengelolaan TPST Cipayung

3. Korban menjalani perawatan di rumah sakit

Petugas Linmas di Depok Ditusuk Usai Tegur Preman Palak PedagangKantor Polsek Beji yang berada di Jalan KH Usman, Kecamatan Beji, Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Sementara, Kanit Reskrim Polsek Beji, Iptu Sukirno, membenarkan terjadinya penusukan terhadap petugas linmas tersebut. Ia mengatakan, pelaku sebelumnya memalak dan tidak terima dinasehati sehingga menusuk korban menggunakan pisau.

“Tusukannya dua kali di perut, dada, dan bagian bawah dada, senjatanya ditinggal di lokasi kejadian,” kata Sukirno. 

Adapun korban saat ini sedang berada di rumah sakit untuk menjalani perawatan. Polsek Beji juga telah mengamankan pisau dan mencari keberadaan pelaku yang melarikan diri.

"Kami berusaha mendeteksi keberadaan pelaku karena melarikan diri setelah menusuk korban," ucap Sukirno.

Baca Juga: Bejat! Ayah Perkosa dan Lecehkan Anak Tiri di Depok

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya