300 Jutaan NIK Bocor, Menkominfo: Ini PR Kita

Kemenkominfo koordinasi dengan Kemendagri dan BSSN

Jakarta, IDN Times - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Budi Arie Setiadi mengakui, sebanyak 300 jutaan data Nomor Induk Kependudukan (NIK) Indonesia bocor. Budi mengungkapkan kebocoran data ini jadi pekerjaan rumah setelah resmi jabat menjadi Menkominfo.

"Soal kebocoran data tadi ada 300 juta NIK yang bocor, padahal penduduk kita cuma 277 juta, berarti orang Indonesia ada yang lebih dari dua NIK ya. Ini jadi PR kita," ujarnya di Gedung Kominfo, Senin (17/7/2023).

Sementara Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Dukcapil Kemendagri), Teguh Setyabudi, memastikan, saat ini pihaknya terus berkoordinasi dengan sejumlah pihak terkait untuk mengusut dugaan tersebut.

Teguh mengatakan, Kemendagri saat ini sedang berkoordinasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) dan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

Dia menyebut, koordinasi antarlembaga itu terkait audit investigasi dan mitigasi sebagai tindakan pencegahan.

"Kami Ditjen Dukcapil Kemendagri bersama-sama dengan BSSN dan Kemenkominfo serta stakeholder terkait telah melaksanakan dua agenda kegiatan, yaitu audit investigasi dan mitigasi preventif," kata dia saat dihubungi IDN Times, Senin (17/7/2023).

Baca Juga: Jadi Menkominfo, Harta Budi Arie Sentuh Rp101 Miliar

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya