817 Koleksi Sejarah Terdampak Kebakaran Museum Nasional

Pemerintah akan lakukan revitalisasi museum Gajah

Jakarta, IDN Times - Kebakaran yang melanda Museum Nasional atau Museum Gajah membuat ratusan koleksi sejarah terdampak. Setidaknya, menurut Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy, ada 817 koleksi yang terdampak.

Muhadjir menyatakan saat ini otoritas terkait sedang mengidentifikasi dan menangani ratusan koleksi sejarah yang terdampak. Tahapan konservasi juga dilakukan agar koleksi-koleksi tersebut bisa kembali direstorasi. Muhadjir juga bersyukur masih terdapat banyak koleksi yang utuh meski terdampak kebakaran.

“Ada 817 koleksi yang terdampak, kerusakannya masih dikaji dan dipelajari, mulai dari yang rusak berat hingga yang terdampak ringan,” ucap Muhadjir saat meninjau Museum Gajah, Kamis (21/9/2023).

1. Museum Gajah akan ditata ulang

817 Koleksi Sejarah Terdampak Kebakaran Museum NasionalMenko PMK Muhadjir Efendy tinjau Museum Nasional usai kebakaran. (dok. Kemenko PMK)

Garis polisi masih terpasang di sekitar lokasi kebakaran. Maka dari itu, Muhadjir mengaku tak dapat melihat langsung ruangan dan benda yang terdampak. Namun, dia sudah melakukan koordinasi dengan Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, untuk menata ulang museum tersebut.

"Kami upayakan ada revitalisasi, pelestarian, hingga penjagaannya akan disesuaikan dengan standar masa kini dan internasional,” kata Muhadjir.

2. Buat jalur cepat antara museum dengan damkar

817 Koleksi Sejarah Terdampak Kebakaran Museum NasionalKebakaran terjadi di Museum Nasional atau Museum Gajah pada Sabtu (16/9/2023) malam (Dok. Sudin Gulkarmat Jakarta Pusat)

Selain itu, Muhadjir menyarankan dalam upaya revitalisasi itu harus diupayakan untuk membuat direct connection system antara museum dengan pihak pemadam kebakaran. 

"Hal itu dilakukan agar ketika terjadi kebakaran di museum tidak perlu melakukan panggilan telepon terlebih dahulu, tetapi dapat langsung diketahui dan bergerak cepat," katanya.

3. Modernisasi untuk cegah kebakaran

817 Koleksi Sejarah Terdampak Kebakaran Museum NasionalMenko PMK Muhadjir Efendy tinjau Museum Nasional usai kebakaran. (dok. Kemenko PMK)

Upaya revitalisasi seperti itu menurutnya perlu dilakukan sebagai bagian dari modernisasi seperti standar internasional yang telah banyak diterapkan oleh negara-negara maju. Mengingat, museum merupakan bangunan yang vital dan harus dilindungi keberadaannya.

"Perlu ada modernisasi terkait cara dan alat-alat pencegahan terjadinya peristiwa kebakaran seperti ini dan lainnya," ujar Muhadjir.

4. Penyebab kebakaran masih dalam penelitian

817 Koleksi Sejarah Terdampak Kebakaran Museum NasionalMuseum Nasional, Jakarta (IDN Times/Dhiya Awlia Azzahra)

Berdasarkan keterangan yang diperoleh dari pihak pengelola museum, pada hari keempat pasca kebakaran, ratusan benda bersejarah yang terdampak kebakaran masih dalam proses penelitian untuk mengetahui tingkat kerusakan yang dialami.

"Sementara, penyebab kebakaran masih dalam proses penyidikan oleh pihak kepolisian dengan menghadirkan saksi dan sejumlah rekaman CCTV yang ada di dalam gedung," ujarnya.

Baca Juga: Museum Nasional Identifikasi Benda Sejarah yang Rusak akibat Kebakaran

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya