Asyik Nih, Jalur Selatan Bisa Jadi Alternatif Mudik

Infrastruktur jalan di jalur selatan sudah memadai

Jakarta, IDN Times - Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan, Djoko Sasono, memastikan Jalur Pantai Selatan (Pansela) Jawa dari Yogyakarta sampai Kediri layak jadi rute alternatif mudik. Hal tersebut bisa disimpulkan Djoko usai melakukan pemantauan dengan perjalanan dari Yogyakarta-Wonogiri-Pacitan-Trenggalek-Kediri, selama dua hari.

"Jalur pantai selatan Jawa memadai untuk jalur mudik" kata Djoko dalam siaran tertulis, Kamis (21/4/2022).

1. Infrastruktur memadai dan memiliki ragam kuliner

Asyik Nih, Jalur Selatan Bisa Jadi Alternatif MudikSekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Djoko Sasono mengecek jalur mudik/ dok Kemenhub

Djoko menyatakan ada keunggulan lain yang dimiliki jalur selatan. Selain infrastruktur yang memadai, jalur selatan juga memiliki kekayaan kuliner. Tentunya, kamu yang mau mudik bisa melipir sebentar buat wisata kuliner.

"Pemandangan bagus, seandainya masyarakat ingin wisata kuliner sangat memungkinkan," ungkap Djoko.

Baca Juga: Daftar Harga Tiket Bus Jakarta-Lampung 2022 untuk Mudik Lebaran

2. Gak usah ragu pakai jalur selatan

Asyik Nih, Jalur Selatan Bisa Jadi Alternatif MudikIlustrasi petugas polisi menghalau pemudik. (ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah)

Djoko berharap dengan infrastruktur jalan dan fasilitas penunjang yang memadai arus mudik masyarakat bisa lebih lancar. Tapi, Djoko juga mengimbau agar masyarakat bisa lebih aktif menambah kelengkapan informasi agar memudahkan mudiknya.

"Semoga, dengan waktu yang ada, masyarakat bisa melengkapi informasinya. Sehingga, masyarakat bisa melakukan perjalanan, tanpa ragu untuk melalui rute ini," ujarnya.

3. Kemenhub juga cek proyek pembangunan Bandara Dhoho

Asyik Nih, Jalur Selatan Bisa Jadi Alternatif MudikKemenhub mengecek proyek pembangunan Bandara Dhojo Kediri, Jawa Timur/dok kemenhub

Selain meninjau kesiapan jalur mudik, Djoko juga mengecek proyek pembangunan Bandara Dhoho Kediri, Jawa Timur. Dia mengingatkan agar kontraktor memperhatikan aspek kualitas dan sosial.

"Ini proyek besar, megastruktur tentunya. Kami perlu memperhatikan, mempertimbangkan, dan mengawal, kemungkinan yang bisa saja muncul, yakni beberapa keluhan yang disampaikan oleh pemerintah maupun masyarakat," ungkap Djoko.

Baca Juga: Daftar Lengkap Harga Tiket Bus Jakarta-Padang 2022, Siap Mudik!

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya