Bursa Calon Kuat Maju Pilkada DKI, Ada Ahok hingga Anies Baswedan

Pilkada DKI digelar pada November mendatang

Intinya Sih...

  • Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur 2024 Jakarta digelar pada November mendatang
  • Nama-nama yang diusung sebagai calon pemimpin Jakarta antara lain Tri Rismaharini, Basuki Tjahaja Purnama, Anies Baswedan, dan Ridwan Kamil

Jakarta, IDN Times - Proses Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur 2024 Jakarta akan digelar pada November mendatang. Pemungutan suara digelar pada November. Seluruh partai politik mulai menyiapkan calon pemimpin Jakarta. 

Saat ini, bursa cagub Jakarta pun kini mulai bermunculan dari sejumlah partai. Sejauh ini sejumlah nama tokoh telah muncul menjadi yang terdepan untuk menjadi kandidat calon Gubernur DKI Jakarta.

Lantas siapakah nama-nama tersebut? Berikut rangkumannya.

Baca Juga: Anies Baswedan Soal Pilkada DKI: Rehat Dulu, Rileks

1. PDIP usulkan Risma hingga Ahok

Bursa Calon Kuat Maju Pilkada DKI, Ada Ahok hingga Anies BaswedanMenteri Sosial Tri Rismaharini membuka designer summit 2024 di Gedung Kemensos, Jumat (26/4/2024). (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

PDI Perjuangan (PDIP) mengusulkan sejumlah nama, mulai Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini hingga mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

Hak tersebut diungkapkan Sekretaris DPD PDIP DKI Jakarta Pantas Nainggolan saat menggelar rapat di Bogor pada Jumat (26/4/2024).

Selain Risma dan Ahok, sejumlah nama lainnya, yakni mantan Panglima TNI sekaligus Wakil Ketua TPN Ganjar-Mahfud, Andika Perkasa; Menteri PUPR Basuki Hadimuljono; dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Abdullah Azwar Anas.

Baca Juga: PKS Dorong Kadernya di Pilkada DKI: Ada Syaikhu-Sohibul-Mardani

2. Anies sampai Syahroni dari Nasden

Bursa Calon Kuat Maju Pilkada DKI, Ada Ahok hingga Anies BaswedanAnies Baswedan didampingi istri dan Sekjen PKS Aboe Bakar (IDN Times/Aryodamar)

Sementara NasDem memang memasukkan nama Anies Baswedan sebagai salah satu sosok yang digodok untuk diusung dalam Pilkada 2024. 

Ketua DPP NasDem Willy Aditya mengakui Surya Paloh memang sudah menawarkan Anies untuk maju Pilgub DKI Jakarta. Namun, belum ada sikap yang diambil Anies.

"Mungkin, Mas Anies butuh waktu untuk mendalami itu melihat situasi tetapi setidak-tidaknya NasDem siap, kalau mas Anies maju. Toh, kalau tidak maju juga, siap alternatif yang sudah kami coba lakukan. Jadi, apapun keputusan Mas Anies kami support," ujarnya.

3. PKS ajukan Syaikhu sampai Mardani Ali

Bursa Calon Kuat Maju Pilkada DKI, Ada Ahok hingga Anies BaswedanElite PKS bertandang ke DPP PKB (IDN Times/Lia Hutasoit)

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) akan mendorong kadernya sendiri untuk maju dalam Pilkada DKI Jakarta 2024. Ada sejumlah nama yang telah disiapkan, seperti Presiden PKS Ahmad Syaikhu, Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Sohibul Iman, dan Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera.

"Bisa ada beberapa nama, ada Sohibul Iman, ada Pak Syaikhu, ada Pak Mardani bisa," ujar Sekjen PKS Aboe Bakar di DPP PKS, Jakarta Selatan, Sabtu (27/4/2024).

4. Golkar usung Erwin Aksa dan Ahmed Zaki

Bursa Calon Kuat Maju Pilkada DKI, Ada Ahok hingga Anies BaswedanKetum Golkar Airlangga Hartarto. IDN Times/Sherlina Purnamasari

Sebelumnya nama Ridwan Kamil (RK) digadang-gadang maju ke Pilkada DKI, namun Golkar menepis. DPP Golkar mendorong Wakil Ketua Umum Golkar, Ridwan Kamil (RK) kembali maju di Pilkada Jawa Barat (Jabar) 2024. 

Wakil Ketua Umum Golkar, Ahmad Doli Kurnia mengatakan, hal itu sudah sesuai dengan perhitungan matang di internal Golkar.

"Kami kalau dari Golkar lebih mendorong saudara Ridwan Kamil untuk maju di Jawa Barat kembali dengan segala perhitungan kami secara politik dan juga untuk kepentingan pembangunan di Jawa Barat, mungkin Pak Ridwan Kamil lebih relevan, lebih bermanfaat, lebih berguna untuk masyarkat Jawa Barat," tutur Doli di Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Kamis (25/4/2024).

Oleh karena itu, kata Doli, Golkar sedang mencari nama lain untuk diusung pada Pilkada DKI Jakarta. Menurutnya, ada Erwin Aksa dan Ahmed Zaki Iskandar yang bisa diusung di Pilkada DKI Jakarta dari Golkar.

"Kita lagi cari nama lain, kan kemarin ada 3 yang kita rekomendasikan. Ada Pak RK, Erwin Aksa, dan Ahmed Zaki Iskandar. Nah, kita nanti sedang menjajaki kemungkinan kalau Pak RK benar-benar kita putuskan di Jabar, tinggal 2 nama atau mungkin nanti bisa jadi ada nama baru yang muncul, kan gitu," ucap dia.

Topik:

  • Jujuk Ernawati

Berita Terkini Lainnya